Firdausi, Firma Rochma (2021) Analisis Kesulitan Siswa Dalam Pelajaran Matematika Pada Pembelajaran Daring Siswa SMP Kelas VII. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (937kB)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (15kB)
3. BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (211kB)
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal materi Persamaan Linier Satu Variabel. Matematika selalu menjadi momok bagi siswa karena objek matematika yang abstrak menggunakan banyak rumus sehingga pandangan siswa terhadap pelajaran matematika di sekolah, pelajaran yang sulit dan rumit untuk diterapkan dan dipahami. Oleh sebab itu, diharapkan pelajaran matematika menjadi pelajaran yang menarik bagi siswa. Namun nyatanya banyak siswa yang kesulitan dalam mempelajari matematika. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII SMPN 21 Surabaya yang dilaksanakan secara daring karena adanya pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesulitan siswa dalam pelajaran matematika pada proses pembelajaran daring pada siswa SMP dan mendeskripsikan faktor-faktor penyebab kesulitan siswa dalam pelajaran matematika pada proses pembelajaran daring pada siswa SMP. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tulis dan wawancara. Tes dilakukan kepada semua siswa di kelas yang sudah ditentukan sebagai sampel penelitian. Dari hasil tes dijadikan data awal untuk menentukan jenis-jenis kesulitan siswa. Peneliti memilih 3 siswa dengan nilai terendah, setelah itu mengkategorikan 3 jenis kesulitan siswa menurut Cooney. Dari 3 siswa akan diwawancara untuk menentukan faktor internal penyebab kesulitan siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Subjek 3 masuk dalam kategori jenis kesulitan dalam menggunakan konsep dan faktor internal penyebab kesulitannya dengan aspek motivasi belajar. 2) Subjek 2 masuk dalam kategori jenis kesulitan vi dalam menggunakan prinsip dan faktor internal penyebab kesulitannya dengan aspek minat belajar. 3) Subjek 1 masuk dalam kategori kesulitan dalam menyelesaikan masalah-masalah verbal dan faktor internal penyebab kesulitannya dengan aspek sikap dalam belajar.
Kata Kunci: Kesulitan Siswa, Pelajaran Matematika, Pembelajaran Daring
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Endah Yuni PERPUS |
Date Deposited: | 07 Nov 2022 05:36 |
Last Modified: | 19 Dec 2022 05:11 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1423 |