Alphareno, Oscar Jaya (2021) Efektivitas Model Pembelajaran Anchored Instruction Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (1MB)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (50kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (128kB)
8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Pembelajaran konvensional yang selama ini digunakan oleh sebagian besar guru SMP belum memperoleh hasil yang maksimal. Oleh karena itu, diperlukan inovasi dalam menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan. Salah satunya adalah model pembelajaran Anchored Instruction yang dapat dijadikan sebuah alternatif guru dalam menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, dan menyenangkan. Penelitian ini dilakukan di SMP Al-Amin Surabaya pada kelas VII-C dan memiliki tujuan untuk mengetahui efektif tidaknya penerapan model pembelajaran Anchored Instruction dalam pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Terdapat 4 variabel yang menjadi fokus dalam penelitian ini, yaitu: (1) kemampuan guru selama kegiatan pembelajaran, (2) aktivitas siswa selama kegiatan pembelajaran, (3) hasil belajar siswa, dan (4) respon siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan angket. Tes yang digunakan adalah tes esai yang berjumlah 3 soal untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa terhadap materi perbandingan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa kemampuan guru selama kegiatan pembelajaran mendapatkan nilai konversi 3,47 yang berkategori baik, aktivitas siswa selama kegiatan pembelajaran mendapatkan persentase 78,89% yang berkategori aktif, hasil belajar siswa mencapai ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 83,33%, dan respon siswa setelah mengikuti vi kegiatan pembelajaran mendapatkan persentase sebesar 82,16% yang berkategori positif. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Anchored Instruction dalam pembelajaran matematika efektif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.
Kata kunci : Efektivitas, Anchored Instruction, Matematika, Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Endah Yuni PERPUS |
Date Deposited: | 07 Nov 2022 05:40 |
Last Modified: | 19 Dec 2022 05:12 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1425 |