PENGARUH KEGIATAN MOZAIK MENGGUNAKAN BARANG BEKAS TERHADAP KEMAMPUAN KREATIVITAS ANAK KELOMPOK A DI TK NURUL IKHSAN SUKODONO, SIDOARJO

Khusniah, Riza (2022) PENGARUH KEGIATAN MOZAIK MENGGUNAKAN BARANG BEKAS TERHADAP KEMAMPUAN KREATIVITAS ANAK KELOMPOK A DI TK NURUL IKHSAN SUKODONO, SIDOARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (475kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (38kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (117kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (94kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Khusniah, Riza. 2022. Pengaruh Kegiatan Mozaik Menggunakan Barang
Bekas Terhadap Kemampuan Kreativitas Anak Kelompok A di
TK Nurul Ikhsan Sukodono, Sidoarjo. Skripsi Program Studi
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Pedagogi
dan Psikologi Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Pembimbing Drs. A. Fachrurrazi, M.Pd.
Kata Kunci : Kegiatan Mozaik, Barang Bekas, Kreativitas, Anak usia
dini.
Penelitian ini didasari oleh permasalahan di sekolah dalam
mengembangkan kemampuan kreativitas anak. Kegiatan untuk
mengembangkan kreativitas anak dapat berupa menggambar, mewarnai,
kolase dan lain sebagainya. Saat kegiatan tersebut anak cenderung hanya
menirukan contoh yang diberikan oleh guru. Dan biasanya untuk
mengembangkan kreativitasnya guru hanya mengunakan lembar kerja
ataupun hanya memanfaatkan media yang sudah ada seperti media
konstruktif balok dan lego. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh kegiatan mozaik menggunakan barang bekas terhadap kemampuan
kreativitas anak kelompok A di TK Nurul Ikhsan Sukodono, Sidoarjo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis
penelitian pre eksperimen dengan menggunakan one group pretest-posttest
design. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A di TK Nurul
Ikhsan Sukodono, Sidoarjo dengan jumlah 28 anak. Metode pengumpulan
data yang digunakan adalah observasi dengan menggunakan alat penilaian
berupa lembar observasi serta dokumentasi. Penelitian ini menggunakan
metode analisis statistik dengan rumusan yang digunakan adalah Ttest yang
sesuai dengan judul penelitian yaitu Pengaruh Kegiatan Mozaik
Menggunakan Barang Bekas Terhadap Kemampuan Kreativitas Anak
Kelompok A di TK Nurul Ikhsan Sukodono, Sidoarjo. Teknik analisis data
menggunakan rumus uji t.
Hasil penelitian menunjukkan nilai t hitung = 6,69 lebih besar dari
pada nilai t tabel (1.70329) untuk taraf signifikansi 0,05, dan (2.47266) untuk
taraf signifikansi 0,01. maka Hipotesis Nol di tolak sehingga Hipotesis kerja
diterima dengan sangat signifikan. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa
kegiatan mozaik menggunakan barang bekas berpengaruh sangat signifikan
terhadap kemampuan kreativitas anak kelompok A di TK Nurul Ikhsan
Sukodono, Sidoarjo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 16 Nov 2022 06:36
Last Modified: 16 Nov 2022 06:36
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1493

Actions (login required)

View Item
View Item