DINAMIKA PENYESUAIAN DIRI PESERTA DIDIK TUNANETRA TERHADAP TEMAN SEBAYA DI SMA 10 MUHAMMADIYAH SURABAYA

SUKMAWATI, AYU (2022) DINAMIKA PENYESUAIAN DIRI PESERTA DIDIK TUNANETRA TERHADAP TEMAN SEBAYA DI SMA 10 MUHAMMADIYAH SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (880kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (34kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (128kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (128kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Sukmawati, Ayu. 2022. Dinamika Penyesuaian Diri Peserta Didik Tunanetra Terhadap Teman Sebaya Di SMA 10 Muhhamdiyah Surabaya.Skripsi.Program Studi Bimbingan dan Konseling.Fakultas Pedagogi dan Psikologi.Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing: Dr.Dra.Moesarofah, M.Psi.
Kata Kunci: Dinamika, Penyesuain Diri, Peserta Didik Tunanetra, Teman Sebaya.
Penyesuaian diri tunanetra adalah usaha dalam menerima keadaan diri sendiri oleh penyandang tunanetra secara psikologis dan fisik untuk memenuhi kebutuhan dan meminimalisir ketegangan dalam dirinya, sehingga dapat menyelaraskan dengan lingkungan sekolah dalam bidang sosial.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dinamika penyesuaiandiripeserta tunanetra terhadap teman sebaya di sekolah inklusi.Mengingat peserta didik tunanetra sebelumnya memiliki riwayat sekolah luar biasa (SLB) menjadi pengalaman baru ketika memasuki di sekolah inklusi SMA 10 Muhammadiyah Surabaya.Peneliti melakukan pra penelitian dengan hasil permasalahan utama peserta didik tunanetra ialah penyesuaian diri.Pada penelitian peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan sampel pada penelitian ini adalah 5 peserta didik tunanetra.Teknik pengumpulan data yang di gunakan pada penelitian ini adalah wawancara dan observasi terhadap peserta didik tunanetra. Setelah memperoleh data penelitian,melakukan analisis data melalui proses reduksi, penyajian data, dan selanjutnya di tarik kesimpulan. Selanjutnya di uji keabsahan menggunakan triangulasi, uji credibility, uji transbility, uji dependability, member check uji konfirmability.Hasil penelitian ini ialah dinamika penyesuaian diri peserta didik tunaentra berbeda-beda.Hubungan sosial peserta didik tunanetra dengan teman sebaya menjadi dorongan peserta didik tunaentra untuk mengembangkan diri dan pemberdayaan diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Bimbingan Dan Konseling (BK)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 21 Nov 2022 04:23
Last Modified: 21 Nov 2022 04:26
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1557

Actions (login required)

View Item
View Item