EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN GESTALT UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PESERTA DIDIK SMA HANG TUAH 4 SURABAYA

LEBO, FRANSISCA CABRINI (2022) EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN GESTALT UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PESERTA DIDIK SMA HANG TUAH 4 SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (248kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (32kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (152kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (168kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Lebo, Fransisca C. 2022. Efektivitas Konseling Kelompok Pendekatan Gestalt Untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Peserta Didik SMA Hang Tuah 4 Surabaya. Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Pedagogi dan Psikologi. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Ayong Lianawati, S.Pd., M.Pd.
Kata kunci : konseling kelompok, teori gestalt, komunikasi interpersonal
Komunikasi interpersonal merupakan kemampuan yang sangat penting dalam perkembangan peserta didik, sebab dengan memiliki komunikasi interpersonal yang baik akan membantu peserta didik dalam keaktifan di sekolah serta dalam membangun hubungan sosial. Namun pada kenyataan yang terjadi saat ini masih banyak peserta didik yang memiliki kemampuan komunikasi interpersonal yang kurang. Jika komunikasi interpersonal pada peserta didik tidak ditingkatkan maka akan menimbulkan ketidakmampuan peserta didik dalam mengekspresikan perasaannya, kurangnya kepercayaan diri dan menghindari komunikasi dengan orang lain. Oleh karena itu perlu diberikannya layanan Bimbingan dan Konseling untuk meningkatkan komunikasi interpersonal peserta didik, salah satunya dengan penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas konseling kelompok gestalt untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa kelas X IPS 1 SMA Hang Tuah 4 Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode one group pre-test post-test design. Subjek penelitian ini berjumlah 6 konseli, dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis penelitian ini menggunakan uji Wilxocon dengan hasil 0,028, karena 0,028 lebih kecil dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok gestalt efektif untuk meningkatkan komunikasi interpersonal peserta didik kelas X IPS 1 SMA Hang Tuah 4 Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Bimbingan Dan Konseling (BK)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 21 Nov 2022 04:45
Last Modified: 21 Nov 2022 04:45
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1562

Actions (login required)

View Item
View Item