PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN REBT DALAM KONSELING KELOMPOK TERHADAP HEDONISME SISWA KELAS XI MIA 1 PUTRI SMA MUHAMMADIYAH 10 SURABAYA

Nevanda, Aulia Sabrina Ayu (2022) PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN REBT DALAM KONSELING KELOMPOK TERHADAP HEDONISME SISWA KELAS XI MIA 1 PUTRI SMA MUHAMMADIYAH 10 SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (517kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (56kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (133kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (147kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Nevanda, Aulia Sabrina Ayu. 2022. Pengaruh Penggunaan Pendekatan REBT Dalam Konseling Kelompok Terhadap Hedonisme Siswa Kelas XI MIA 1 Putri SMA Muhammadiyah 10 Surabaya. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Pedagogi Dan Psikologi, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing (1) Dr. Mudhar, S.Psi., M.Si. Pembimbing (2) Elia Firda Mufidah, S.Pd., M.Pd.
Kata kunci: Hedonisme, Konseling Kelompok, Pendekatan REBT
Penelitian ini dilatar belakangi adanya sekolah yang ditengah kota yang berdekatan dengan dunia bebas dengan tingkat hedonisme tinggi. Sehingga rumusan masalah yaitu adakah pengaruh penggunaan pendekatan rebt dalam konseling kelompok terhadap hedonisme peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan rebt dalam konseling kelompok terhadap hedonisme siswa kelas XI Mia SMA Muhammadiyah 10 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pra-eksperimental bentuk one grup pre test post test design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI MIA 1 PUTRI SMAM X Surabaya, dan sebagai sampelnya adalah 8 siswa kelas XI yang memiliki tingkat Hedonisme tinggi. Teknik sampel yang diambil dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan Skala hedonisme. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis statistik non parametrik dengan menggunakan Uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh penggunaan pendekatan rebt terhadap hedonisme peserta didik. Tingkat hedonisme peserta didik sebelum diberi perlakuan berupa layanan konseling kelompok dengan pendekatan rebt berada pada kategori tinggi dengan rata-rata skor 85 dan setelah diberi perlakuan berupa layanan konseling kelompok pendekatan rebt masuk dalam kategori sedang dengan skor rata-rata sebesar 64. Hasil intepretasi menggunakan uji wilcoxon diketahui bahwa Asymp.Sig (2-tailed) bernilai 0,012. Karena nilai 0,012 lebih kecil dari <0,05, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan layanan konseling kelompok dengan pendekatan rebt terhadap hedonisme siswa kelas XI MIA 1 Putri SMA Muhammadiyah 10 Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Bimbingan Dan Konseling (BK)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 21 Nov 2022 04:53
Last Modified: 21 Nov 2022 04:54
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1563

Actions (login required)

View Item
View Item