Putri, Dina Ellarianti (2022) PENGGUNAAN STRATEGI SELF-MANAGEMENT DALAM KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA SMA HANG TUAH 4 SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.
1. HALAMAN DEPAN.PDF - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (1MB)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (10kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (32kB)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (137kB)
Abstract
Putri, Dina Ellarianti 2022. Penggunaan Strategi Self-management dalam Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Hang Tuah 4 Surabaya. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Pedagogi dan Psikologi Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing Dr. Hartono, M.Si.
Kata Kunci: Kedisiplinan Belajar, Konseling Kelompok, Self-management
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi penggunaan strategi self-management dalam konseling kelompok untuk meningkatkan kedisiplinan belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan yang digunakan yaitu One Group Pretest-Posttest Design pada populasi 33 peserta didik kelas XI MIPA SMA Hang Tuah 4 Surabaya. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling diperoleh 6 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu skala pengukuran yang telah dilakukan uji validitas diperoleh nilai signifikansi 0,00-0,05 sebanyak 21 butir valid dengan reliabilitas Alpha Cronbach sebesar 0,814. Metode analisis data yang digunakan peneliti adalah uji T statistika parametrik uji Independent Samples Test dengan menggunakan SPSS for windows versi 26.0 diperoleh nilai signifikansi 0,000 yang artinya signifikan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan strategi self-management dalam konseling kelompok secara signifikan dapat meningkatkan kedisiplinan belajar peserta didik kelas XI MIPA SMA Hang Tuah 4 Surabaya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology H Social Sciences > HM Sociology L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Bimbingan Dan Konseling (BK) |
Depositing User: | Ilham Komarudin PERPUS |
Date Deposited: | 21 Nov 2022 06:25 |
Last Modified: | 21 Nov 2022 06:29 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1569 |