PENGGUNAAN STRATEGI SELF-MANAGEMENT DALAM KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA SMA HANG TUAH 4 SURABAYA

Putri, Dina Ellarianti (2022) PENGGUNAAN STRATEGI SELF-MANAGEMENT DALAM KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA SMA HANG TUAH 4 SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.PDF] Text
1. HALAMAN DEPAN.PDF - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (10kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (32kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (137kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Putri, Dina Ellarianti 2022. Penggunaan Strategi Self-management dalam Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Hang Tuah 4 Surabaya. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Pedagogi dan Psikologi Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing Dr. Hartono, M.Si.
Kata Kunci: Kedisiplinan Belajar, Konseling Kelompok, Self-management
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi penggunaan strategi self-management dalam konseling kelompok untuk meningkatkan kedisiplinan belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan yang digunakan yaitu One Group Pretest-Posttest Design pada populasi 33 peserta didik kelas XI MIPA SMA Hang Tuah 4 Surabaya. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling diperoleh 6 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu skala pengukuran yang telah dilakukan uji validitas diperoleh nilai signifikansi 0,00-0,05 sebanyak 21 butir valid dengan reliabilitas Alpha Cronbach sebesar 0,814. Metode analisis data yang digunakan peneliti adalah uji T statistika parametrik uji Independent Samples Test dengan menggunakan SPSS for windows versi 26.0 diperoleh nilai signifikansi 0,000 yang artinya signifikan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan strategi self-management dalam konseling kelompok secara signifikan dapat meningkatkan kedisiplinan belajar peserta didik kelas XI MIPA SMA Hang Tuah 4 Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Bimbingan Dan Konseling (BK)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 21 Nov 2022 06:25
Last Modified: 21 Nov 2022 06:29
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1569

Actions (login required)

View Item
View Item