EFEKTIFITAS LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII G SMP PGRI 1 BUDURAN

Wahyuni, Lilis (2022) EFEKTIFITAS LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII G SMP PGRI 1 BUDURAN. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (599kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (255kB)
[thumbnail of 3. BAB 1.pdf] Text
3. BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (449kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (202kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Wahyuni, Lilis. 2022. Efektifitas Layanan Bimbingan Belajar
Menggunakan Media Animasi Untuk
Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik
Kelas VIII G SMP PGRI 1 Buduran. Program
Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas
Pedagogi dan Psikologi. Universitas PGRI Adi
Buana Surabaya. Pembimbing Elia Firda Mufidah,
S.Pd., M.Pd.
Kata kunci: bimbingan belajar, motivasi belajar, media
animasi.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh motivasi belajar
yang rendah pada peserta didik kelas VIII G. Pada masa
pandemi covid-19 ini terdapat penurunan motivasi belajar
pada peserta didik. Fenomena yang terjadi salah satunya dari
dalam diri peserta didik itu sendiri yang kurang memiliki
semangat belajar, serta terdapat peserta didik yang memiliki
intelegensi kurang sehingga membuat penerimaan materi
pelajaran kurang maksimal yang diberikan oleh guru. Selain
itu, lingkungan belajar yang kurang kondusif dan kurang
adanya dukungan dari orang tua yang membuat dirinya tidak
semangat belajar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif
dengan jenis penelitian pra eksperimental menggunakan
metode one group pretest-posttest design. Subjek penelitian
adalah peserta didik kelas VIII G dengan jumlah 26 siswa.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala
pengukuran dengan menggunakan kuesioner motivasi belajar
serta wawancara terstruktur. Menggunakan metode analisis
data statistik dengan rumusan yang digunakan adalah T-test
yang sesuai dengan judul penelitian yaitu “Efektifitas Layanan
Bimbingan Belajar Menggunakan Media Animasi Untuk Mningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII G
SMP PGRI 1 Buduran”. Digunakan pretest dan posttest one
group design maka dengan uji t menggunakan aplikasi spss
versi 25.
Berdasarkan hasil paired samples test menggunakan
aplikasi spss versi 25 menunjukkan bahwa nilai signifikansi
(0,05). Sedangkan hasil sig(2-tailed) yang diperoleh (0,00).
Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa nilai sig(2-
tailed)<(0,05) sehingga hasil hipotesis Ho ditolak dan Ha
diterima. Berarti dapat disimpulkan bahwa terdapat suatu
perbedaan sebelum diberikan layanan bimbingan belajar
secara klasikal menggunakan media animasi dan sesudah
diberikan layanan. Maka layanan bimbingan belajar
menggunakan media animasi efektif untuk meningkatkan
motivasi belajar peserta didik kelas VIII G di SMP PGRI 1
Buduran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Bimbingan Dan Konseling (BK)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 22 Nov 2022 02:15
Last Modified: 22 Nov 2022 02:15
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1585

Actions (login required)

View Item
View Item