Istinawati, Dominica (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN MOTORIK KASAR SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS 2 SMPLB BHAKTI LUHUR MALANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA.
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (719kB)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (85kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (170kB)
8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Istinawati, Dominica 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Role
Playing Untuk Meningkatkan Motorik Kasar Siswa
Tunagrahita Ringan Kelas 2 SMPLB Bhakti Luhur
Malang, Program Studi Pendidikan Khusus Fakultas
Pedagogi dan Psikologi Universitas Adi Buana Surabaya.
Pembimbing (1) Mohammad Nurrohman Jauhari., S.Pd.,
M.Pd, Pembimbing (2) Ana Rafikayati., S.P.d., M.Pd.
Kata kunci: Motorik kasar, Tunagrahita ringan, role playing
Tujuan khusus dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh model pembelajaran role playing untuk
meningkatkan motorik kasar siswa Tunagrahita kelas 2 SMPLB
Bhakti Luhur Malang. Model pembelajaran yang digunakan dalam
penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran role
playing. Role playing atau bermain peran adalah salah satu model
pembelajaran yang diberikan guru dalam bentuk permainan.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis
penelitian eksperimen dengan desain pretest-posttest one group.
Teknik penentuan sampel menggunakan sampling acak sederhana.
Subjek penelitian merupakan siswa tunagrahita ringan kelas 2
SMPLB Bhakti Luhur Malang berjumlah 3 orang. Teknik
pengambilan data menggunakan observasi, dan teknik analisis data
menggunakan uji Paired T test. Hasil penelitian ini membuktikan
bahwa adanya pengaruh model pembelajaran role playing dalam
meningkatkan motorik kasar anak tunagrahita ringan kelas 2 SMPLB
Bhakti Luhur Malang. Hasil ini berdasarkan pengujian hipotesis
yang dilakukan dengan menggunakan uji-t dengan nilai signifikansi
sebesar 0,00 < dari taraf signifikan (0,05).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education N Fine Arts > NE Print media |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Khusus (PKh) |
Depositing User: | Ilham Komarudin PERPUS |
Date Deposited: | 23 Nov 2022 07:00 |
Last Modified: | 23 Nov 2022 07:00 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1629 |