MOHAMMAD, ADAM RISKY (2019) EXPLORING ENGLISH LANGUAGE TEACHING STRATEGIES USED BY TEACHER FOR DEAF STUDENTS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.
Halaman Depan .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (1MB)
ABSTRACT.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (185kB)
Bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (126kB)
Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (666kB)
Abstract
M. Risky. Adam. 2019. Mengeksplorasi Strategi pengajaran
Bahasa Inggris yang Digunakan Guru untuk Murid Tuli
. Skripsi. Fakultas Pendidikan Bahasa Inggris.
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Dosen
Pembimbing (1) Fajar Susanto. SS., M.Pd, (2) Irfan
Rifai, Ph.D.
Kata Kunci : Siswa tuli, Strategi mengajar ,Process Strategy,
Total Physical Response Strategy, Cooperative Strategy,
and Question and Answer, Discussion, Lecture Strategy.
Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi strategi
pengajaran bahasa Inggris yang digunakan oleh guru untuk
siswa tunarungu, khususnya studi ini berfokus pada bagaimana
menerapkan strategi untuk siswa tunarungu. Metode penelitian
ini adalah metode kualitatif dan untuk memperoleh data
peneliti melakukan wawancara. peneliti mewawancarai dua
guru bahasa Inggris dan kemudian peneliti melakukan kelas
observasi. Setelah data diperoleh dari wawancara, peneliti
menggunakan analisis tematik untuk menganalisis data.
Berdasarkan data yang telah diperoleh strategi yang
digunakan guru untuk mengajar bahasa Inggris untuk siswa
tunarungu seperti: Strategi proses, strategi Respon Fisik Total,
strategi Koperasi, dan Tanya Jawab, Diskusi, dan Kuliah.
Implementasi strategi yang digunakan guru didasarkan pada
situasi dan kondisi. Implementasi dalam Strategi Proses adalah
guru memberikan tugas tetapi siswa dapat menggunakan
sumber daya apa pun di sekitar mereka dan strategi lebih
fungsional ketika guru memberikan tugas individu kepada
siswa. Dalam Strategi Respon Fisik Total guru memberikan
beberapa gambar atau petunjuk kemudian siswa menunjukkan
berdasarkan dari gambar dan menebak artinya, strategi dapat
berjalan dengan baik ketika guru ingin mengembangkan kosa
kata. Dari Strategi Kooperatif siswa membuat kelompok dan
kemudian guru memberikan tugas setelah itu kelompok
melakukan presentasi penggunaan strategi ketika guru ingin
mengembangkan keterampilan berbicara mereka dengan
bahasa isyarat. Strategi Tanya Jawab, Diskusi, dan ceramah
adalah strategi yang diciptakan guru untuk meningkat kan rasa
percaya diri mereka
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum P Language and Literature > PE English P Language and Literature > PR English literature |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISH) > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Guruh Fitriawan PERPUS |
Date Deposited: | 23 Nov 2022 07:14 |
Last Modified: | 20 Dec 2022 06:51 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1633 |