PONGTARUK, SASTRIANI (2019) PENGARUH METODE DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN PPKn TERHADAP KERJA KERAS SISWA KELAS VII SMP KARTIKA PLUS SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.
1. JUDUL.pdf - Updated Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (438kB)
2. ABSTRAK.pdf - Updated Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (11kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (182kB)
8. DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Pongtaruk, Sastriani. 2019. Pengaruh Metode Discovery Learning
terhadap Kerja Keras Siswa kelas VII SMP Kartika Plus
Surabaya. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan. Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Universitas PGRI Adibuana Surabaya. Pembimbing I: Drs. H.
Atnuri, SH., M. Pd. Pembimbing II: Dra. Bernadetta Budi
Lestari, M.Si.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa proses
pembelajaran cenderung berpusat pada guru (teacher centered).
Sekarang ini masih banyak guru yang menganut paradigma bahwa
proses pembelajaran itu adalah kegiatan menstransfer ilmu dari guru
ke siswa.
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah Adakah pengaruh
Discovery Learning pada pembelajaran PPKn materi Makna Kerja
Sama dalam Hidup Bermasyarakat dengan Metode Discovery
Learning Terhadap Kerja Keras Siswa kelas VII SMP Kartika Plus
Surabaya? Tujuannya adalah mengetahui pembelajaran materi
Makna Kerja Sama Dalam Hidup Bermasyarakat dengan
menggunakan Metode Discovery Learning terhadap Kerja Keras
Siswa kelas VII SMP Kartika Plus Surabaya. Teknik pengumpulan
data yang digunakan adalah Observasi dan Angket. Teknik analisis
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah presentase, uji
normalitas, uji homogenitas dan uji t.
Berdasarkan uji normalitas kelas eksperimen memperoleh nilai
sig. 0,000 > 0,05 yang artinya berdistribusi normal sedangkan kelas
kontrol memperoleh nilai sig.0,000 > 0,05 yang artinya berdistribusi
normal. Dalam uji homogenitas kedua kelas memperoleh 3.635 >
0,05 artinya kedua kelas tersebut homogen. Sedangkan hasil nilai ujit menunjukan bahwa nilai hitung, 719 dan tabel 412 sehingga hitung
< tabel maka diperoleh nilai sig 719 dimana nilai sig.< 0,05 yang
menyatakan Ho ditolak artinya ada pengaruh Metode pembelajaran
Makna Kerja Sama dalam Hidup Bermasyarakat dengan Metode
Discovery Learning terhadap Kerja Keras Siswa kelas VII SMP
Kartika Plus Surabaya.
Kata Kunci: Metode Discovery Learning, Kerja Keras
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISH) > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) |
Depositing User: | Guruh Fitriawan PERPUS |
Date Deposited: | 24 Nov 2022 02:36 |
Last Modified: | 20 Dec 2022 06:47 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1648 |