PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA KELAS VIII MELALUI KEGIATAN KEPRAMUKAAN DI SMP NEGERI 59 BALAS KLUMPRIK SURABAYA

Hamput, LEONARDUS (2019) PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA KELAS VIII MELALUI KEGIATAN KEPRAMUKAAN DI SMP NEGERI 59 BALAS KLUMPRIK SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of halaman depan.pdf] Text
halaman depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (669kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (158kB)
[thumbnail of 1. BAB I.pdf] Text
1. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (98kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (924kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Hamput, Leonardus. 2018. Pelaksanaan Pendidikan
Kepramukaan Siwa Kelas VIII Melalui Kegiatan
Kepramukaan di DMP Negeri 59 Balas Klumprik
Surabaya. Universitas PGRI Adi Buana. Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Program Studi
Pancasila dan Kewarganegaraan. Pembimbing: Dr.
Suhari. S.H.,M.Si.
Kata kunci: pendidikan karakter, kepramukaan
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa proses
pelaksanaan pendidikan karakter melalui kegiatan kepramukaan di
sekolah cenderung berpusat pada bapak/ibu guru dan pembina pramuka
(teacher centred). Sekarang ini masih banyak guru yang berpandangan
bahwa guru menganggap dalam proses pembelajaran itu adalah
kegiatan mentransfer ilmu dari guru ke peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana
pelaksanaan pendidikan pendidikan karakter melalui kegiatan
kepramukaan di SMP Negeri 59 Surabaya sebagai sarana membentuk
karakter. (2) Bagaimana peran pendidikan karakter kepramukaan
dalam pembentukan karakter siswa. (3) Apa saja faktor-faktor yang
menjadi Pendukung dan Penghambat dalam penerapan pendidikan
kepramukaan sehingga bisa membentuk karakter siswa. (4) factor
penghambat dalam pelaksanaan pendidikan melalui kegiatan
kepramukaan sebagai sarana membentuk karakter pada siswa kelas VII
SMP Negeri 59 Suirabaya.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian Kualitatif. Metode
Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawacara, angket kemudian
mengambil dokumentasi di SMP Negeri 59 Surabaya.
Hasil penelitian ini adalah: (a) pelaksanaan pendidikan karakter melalui
kegiatan kepramukaan di SMP Negeri 59 Surabaya sudah diterapkan
sesuai dengan undang-undang kepramukaan sesuai dengan kurikulum
yang berlaku. Salah satunya menggunakan sistem Among dalam
kepramukaan di Indonesia. (b) pelaksanaan pendidikan karakter
melalui kegiatan kpramukaan siswa lebih mudah dalam menuangkan
karakter yang dimilikinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISH) > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 24 Nov 2022 03:24
Last Modified: 20 Dec 2022 06:46
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1655

Actions (login required)

View Item
View Item