Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar PPKn Pada Materi HAM Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Surabaya

ARISTA, MAYA (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar PPKn Pada Materi HAM Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (122kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (286kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (196kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Arista, Maya. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based
Learning Terhadap Hasil Belajar PPKn Pada Materi HAM
Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Surabaya. Skripsi. Program
Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Adi Buana
Surabaya. Pembimbing Drs. A. Qomaru Zaman, M.Pd.
Kata Kunci: Model pembelajaran, PBL, hasil belajar dan PPKn
Penelitian ini dilakukan berdasarkan adanya
permasalahan yang terjadi di bidang pendidikan. Berdasarkan
observasi dapat diketahui Pembelajaran PPKn ditingkat
Sekolah Menengah Pertama (SMP) disajikan lebih luas yang
banyak membuat siswa berpikir bahwa PPKn sangatlah
membosankan untuk dipelajari dan ketika proses mengajar
guru hanya ceramah, tidak ada variasi sama sekali pada saat
proses belajar mengajar. Permasalahan tersebut dapat diatasi
dengan inovasi pembelajaran yaitu menggunakan model
pembelajaran Problem Based Learning (PBL). PBL merupakan
salah satu jenis model pembelajaran yang sesuai tujuan
kurikulum 2013. Penggunaan model pembelajaran Problem
Based Learning diharapkan akan menjadi solusi dan dapat
menarik perhatian siswa sehingga siswa akan lebih aktif dan
lebih kreatif dalam berpikir sehingga meningkatkan hasil
belajar siswa.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah
“Pengaruh Model Pembelajaran PBL Terhadap Hasil Belajar
PPKn Pada Mata Pelajaran HAM Siswa Kelas VIII SMP
Negeri 9 Surabaya sejumlah 480 Siswa dan sampel yang
digunakan yaitu satu kelas, yaitu kelas VIII-G dan berjumlah
40 Siswa diambil menggunakan teknik purpose sampling.
Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis
data dengan menggunakan Independen Sample T-Test (a=5%)
0,05.
Hasil yang dihitung menggunakan t-hitung sebesar
dengan nilai signifikan. Nilai signifikan lebih kecil dari tingkat
signifikan, oleh karena itu , dapat ditarik kesimpulan bahwa
model pembelajaran PBL (Problem Based Learning)
berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMP
Negeri 9 Surabaya tahun 2018-2019

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISH) > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 24 Nov 2022 03:31
Last Modified: 24 Nov 2022 03:31
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1656

Actions (login required)

View Item
View Item