PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD DAN EKSPOSITORI DENGAN GAYA KOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS X SMA INTENSIF TARUNA PEMBANGUNAN SURABAYA

AMBARSARI, ERFA RIYANTIKA EKA (2019) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD DAN EKSPOSITORI DENGAN GAYA KOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS X SMA INTENSIF TARUNA PEMBANGUNAN SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (446kB)
[thumbnail of 2. Abstrak-converted.pdf] Text
2. Abstrak-converted.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (95kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (123kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka dan Lampiran new.pdf] Text
8. Daftar Pustaka dan Lampiran new.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Ambarsari, Erfa. 2019. Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif
STAD dan Ekspositori Dengan Gaya Kognitif terhadap
Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas X SMA Intensif Taruna
Pembangunan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila
dan Kewarganegaraan. Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Pembimbing Dr. I Wayan Arsana, M.Pd dan Suhartono,
S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Gaya Kognitif, Hasil Belajar.
Penelitian ini mengkaji tentang pembelajaran PPKn yang
cenderung monoton dan membosankan, dikarenakan guru lebih
dominan menggunakan pembelajaran konvensional dan kurang
memahami gaya kognitif yang dimiliki siswa, sehingga guru
menyamaratakan strategi pembelajarannya. Pemilihan strategi
pembelajaran yang tepat mampu mendorong kreativitas siswa dalam
belajar untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.
Rancangan penelitian ini menggunakan desain NonEquivalent Control Group Design dengan teknik analisis data
(ANOVA 2 x 2) dengan tingkat signifikan (α) sebesar 5% atau 0,05.
Sampel dalam penelitian ini berjumlah 68 siswa kelas X yaitu kelas
X MIA 2 dan X MIA 3 SMA Intensif Taruna Pembangunan
Surabaya. Berdasarkan analisis data yang telah ditemukan: 1) Nilai
thitung sebesar 0,327 > dari tingkat signifikan (α) 0,05 artinya tidak
ada pengaruh strategi pembelajaran terhadap hasil belajar PPKn, 2)
Nilai thitung sebesar 0,891 > dari tingkat signifikan (α) 0,05 artinya
tidak ada pengaruh gaya kognitif terhadap hasil belajar PPKn, 3)
Nilai thitung sebesar 0,96 > dari tingkat signifikan (α) 0,05 artinya
tidak ada pengaruh interaksi antara gaya kognitif dan strategi
pembelajaran terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas X SMA
Intensif Taruna Pembangunan Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISH) > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 24 Nov 2022 04:55
Last Modified: 24 Nov 2022 04:55
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1667

Actions (login required)

View Item
View Item