Implementasi Nilai Musyawarah Pada Pancasila Melalui Metode Diskusi Kelas Dalam Pembelajaran PPKn Kelas IX Di SMP Negeri 3 Krian.

FITRIYA (2019) Implementasi Nilai Musyawarah Pada Pancasila Melalui Metode Diskusi Kelas Dalam Pembelajaran PPKn Kelas IX Di SMP Negeri 3 Krian. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of Halaman Depan.pdf] Text
Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (252kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (16kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (31kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf] Text
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (7MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Fitriya.2019. Implementasi Nilai Musyawarah Pada Pancasila
Melalui Metode Diskusi Kelas Dalam Pembelajaran
PPKn Kelas IX Di SMP Negeri 3 Krian. Program
Studi Pancasila dan Kewarganegaraan. Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan.Universitas PGRI
Adi Buana Surabaya. Dosen Pembimbing: Dr.
Suhari. S.H.,M.Si
Kata Kunci :Pancasila, NilaiMusyawarah, MetodeDiskusiKelas
Pancasila adalah pandangan hidup bangsa Indonesia terdiri dari
limasila yang memiliki nilai saling berhubungan satusama lain. Nilai
musyawarah adalah salahsatu nilai yang terdapat pada Pancasila sila
keempat, sebagai pedoman pengambilan keputusan sesuai Pancasila.
Metode Diskusi Kelas salahsatu metode pembelajaran yang dapat
digunakan oleh guru untuk membiasakan siswa mengeluarkan
pendapat.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui nilai-nilai musyawarah
pada Pancasila yang dapat diimplementasikan dalam metode diskusi
kelas, mengetahui cara pengimplementasian nilai-nilai tersebut, serta
untuk mengetahui hambatan dari pengimplementasian nilai-nilai
tersebut. Teknik pengumpulan data dengan teknik wawancara,
observasi, angket, dan dokumentasi (kegiatan diskusi kelas). Teknik
analisis data yang digunakan data reduction, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan teknik
triangulasi (teknik, sumber, dan waktu).
Hasil penelitian ini nilai musyawarah yang dapat
diimplementasikan yaitu mendahulukan kepentingan umum, tidak
memaksakan kehendak, semangat kekeluargaan, berlandaskan rasa
tanggungjawab, memperhatikan peraturan, dipertanggungjawabkan
kepadaTuhan Yang Maha Esa. Langkah-langkah
pengimplementasian, membagi tugas pelaksana, pemilihan sumber
masalah, siswa menanggapi, tanggapan sumber masalah,
menyimpulkan. Hambatan dalam pengimplementasian adalah siswa
menonjol, siswa pasif, siswa memaksakan kehendak, siswa
vi
mementingkan kepentingan pribadi. Simpulan dan saran diberikan
oleh peneliti agar penelitian ini bermanfaat khususnya bagi siswa
agar lebih memahami materi, memahami nilai Pancasila.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISH) > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 24 Nov 2022 06:42
Last Modified: 24 Nov 2022 06:42
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1671

Actions (login required)

View Item
View Item