NURLIASARI, DEVI (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS VIII SMPN 12 SURABAYA YANG MEMILIKI KECERDASAN BERBEDA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.
Halaman depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (974kB)
bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (93kB)
daftar pustaka.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (93kB)
ABSTRAK (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (125kB)
Abstract
Nurliasari, Devi. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran inkuiri dan
Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil
Belajar PKn Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Surabaya Yang
Memiliki kecerdasan Berbeda. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Adi Buana
Surabaya Pembimbing Dr. I Wayan Arsana, M.Pd dan
Suhartono S.Pd.,M.Pd.
Kata Kunci: Model Pembelajaran inkuiri , Model Pembelajaran
Discovery Learning, Hasil Belajar,kecerdasan berbeda.
Penelitian ini mengenai pemanfaatan model pembelajaran dan
kecerdasan berbeda yang kurang dipahami oleh guru dalam
melaksanakan proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri dan
model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar PKn
siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Surabaya yang memiliki
kecerdasan berbeda.
Rancangan penelitian menggunakan Pretest-Posttest Control
Group Design dengan teknik analisis (Anova 2 x 2). Sampel
penelitian berjumlah 74 siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Surabaya.
Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan ditemukan 1) p-value
sebesar 0,000 < dari tingkat signifikan (α) 0,05 artinya ada pengaruh
penggunaan model pembelajaran inkuiri dan model pembelajaran
Discovery Learning terhadap hasil belajar PKn. 2) p-value sebesar
0,230 > dari tingkat signifikan (α) 0,05 artinya tidak ada pengaruh
kecerdasan yang berbeda terhadap hasil belajar PKn siswa. 3) pvalue sebesar 0,508 > dari tingkat signifikan (α) 0,05 artinya tidak
ada pengaruh interaksi antara model pembelajaran inkuiri dan model
pembelajaran Discovery Learning dengan kecerdasan berbeda
terhadap hasil belajar PKn siswa kelas VIII SMP Negeri 12
Surabaya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISH) > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) |
Depositing User: | Guruh Fitriawan PERPUS |
Date Deposited: | 24 Nov 2022 07:37 |
Last Modified: | 24 Nov 2022 07:37 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1680 |