ADHARICA, AULYA (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TIPE PICTORIAL RIDDLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN BELAHANTENGAH MOJOSARI. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (615kB)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (105kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (216kB)
8. DAFTAR PUSTAKA dan LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Kata kunci : Model Pembelajaran Inkuiri Tipe Pictorial Riddle,
Hasil Belajar.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh
model inkuiri tipe pictorial riddle terhadap hasil belajar materi jenis
ekonomi masyarakat pada siswa kelas V SDN Belahantengah
Mojosari; (2) Aktivitas siswa dalam penerapan model inkuiri tipe
pictorial riddle pada pembelajaran IPS materi jenis ekonomi
masyarakat siswa kelas V SDN Belahantengah Mojosari.
Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan
desain penelitian quasi eperimental design tipe posttest-only
(nonequivalent posttest only design). Populasi yang digunakan seluruh
siswa kelas V SDN Belahantengan Mojosari, dengan teknik cluster
sampling (area sampling) terpilih sampel siswa kelas V sebagai kelas
kontrol dan sebagaiannya kelas V sebagai kelas eksperimen. Teknik
pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar sebagai data utama
dan didukung lembar observasi siswa.
Teknik analisis data menggunakan statistic inferensial nonparametric dengan berbantuan program SPSS versi 16.0, hasil yang
diperoleh yaitu data hasil belajar siswa menunjukkan sig. (2-tailed)
0,000 ˂ 0,05 dengan demikian H0 ditolak, sehingga dapat dinyatakan
ada pengaruh model pembelajaran inkuiri tipe pictorial riddle
terhadap hasil belajar muatan IPS materi jenis usaha ekonomi
masyarakat pada siswa kelas V SDN Belahantengah Mojosari.
Kemudian hasil pelaksanaan aktivitas peserta didik pada penerapan
model pembelajaran inkuiri tipe pictorial riddle dikategorikan baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Kadek Ayu PERPUS |
Date Deposited: | 24 Nov 2022 07:42 |
Last Modified: | 20 Dec 2022 14:07 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1682 |