PENGARUH METODE JARIMAGIC TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN SISWA KELAS II SDN NGAGEL REJO I SURABAYA

RIJAL, MOCH KHOIRUR (2020) PENGARUH METODE JARIMAGIC TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN SISWA KELAS II SDN NGAGEL REJO I SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman depan.pdf] Text
1. Halaman depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (432kB)
[thumbnail of 2. abstrak.pdf] Text
2. abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (347kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (101kB)
[thumbnail of 8. dapus dan lampiran.pdf] Text
8. dapus dan lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Metode Jarimagic. Hasil Belajar.
Penelitian ini dilatarbelakangi karena kesulitan belajar siswa
terhadap mata pelajaran matematika yang dianggap sulit, khususnya
pada materi perkalian. Ditambah dengan kesalahan penggunaan
metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru, sehingga
pembelajaran menjadi tidak efektif. Tujuan penelitian ini adalah ingin
mengetahui pengaruh metode jarimagic terhadap hasil belajar
matematika materi perkalian siswa kelas II SDN Ngagel Rejo I
Surabaya.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain
True Experimental design. Populasi yang digunakan dalam penelitian
ini adalah kelas II di SDN Ngagel Rejo I Surabaya, dengan kelas II D
sebagai kelas eksperimen dan kelas II B sebagai kelas kontrol.
Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode jarimagic
sedangkan variabel terikat berupa hasil belajar matematika. Teknik
penarikan sampling menggunakan jenis purposive sampling.
Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar tes.
Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar yang didapat
melalui posttest. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu uji
t dengan syarat uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh metode
jarimagic terhadap hasil belajar matematika materi perkalian siswa
kelas II SDN Ngagel Rejo I Surabaya. Hal itu terlihat dari nilai ratarata kelas eksperimen lebih baik secara signifikan dibandingkan
dengan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 25 Nov 2022 03:04
Last Modified: 26 Dec 2022 15:34
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1706

Actions (login required)

View Item
View Item