PENGARUH METODE KINESTETIK DRAMATISASI TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA TEMA HIDUP BERSIH DAN SEHAT PADA SISWA KELAS II SDN WONOKUSUMO MOJOSARI

ANJARWATI, ANITA DEWI (2020) PENGARUH METODE KINESTETIK DRAMATISASI TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA TEMA HIDUP BERSIH DAN SEHAT PADA SISWA KELAS II SDN WONOKUSUMO MOJOSARI. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.

[thumbnail of 1.Halaman Depan.pdf] Text
1.Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (179kB)
[thumbnail of 2.ABSTRAK.pdf] Text
2.ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (25kB)
[thumbnail of 3.BAB I.pdf] Text
3.BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (57kB)
[thumbnail of 8.DAPUS DAN LAMPIRAN.pdf] Text
8.DAPUS DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci : Metode Kinestetik Dramatisasi, Keterampilan
Berbicara
Penelitian ini didasari adanya permasalahan yang terjadi
disekolah, yaitu masih belum maksimalnya penilaian keterampilan
berbicara siswa pada mata pelajaran tematik. Proses pembelajaran
tematik pada kurikulum 2013 memiliki kriteria-kriteria penilaian
yang harus dicapai oleh siswa salah satunya yaitu kognitif dan
psikomotorik. Sesuai dengan permasalahan tersebut, tujuan yang
ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui:Adakah
pengaruh metode Kinestetik Dramatisasi terhadap keterampilan
berbicara pada tema Hidup Bersih dan Sehat siswa kelas II SDN
Wonokusumo Mojosari. Penelitian ini merupakan penelitian
kuantitatif. Tempat penelitiannya di SDN Wonokusumo Mojosari.
Pelaksanaan penelitian ini menggunakan rancangan penelitian
Posttest Only Control Design. Teknik pengumpulan datanya
menggunakan tes unjuk kerja dan . Teknik analisis datanya
menggunakan statistika inferensialkemudian dilakukan uji
normalitas, uji homogenitas, dan uji t dengan bebantuan SPSS 16.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran secara
keseluruhan menggunakan metode kinestetik dramatisasi
berpengaruh terhadap keterampilan berbicara siswa kelas II SDN
Wonokusumo Mojosari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 25 Nov 2022 03:18
Last Modified: 26 Dec 2022 15:23
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1709

Actions (login required)

View Item
View Item