PENGARUH MEDIA THE THING PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN HEWAN KELAS 5 SDN GAYUNGAN II SURABAYA

Pratiwi, Dian (2020) PENGARUH MEDIA THE THING PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN HEWAN KELAS 5 SDN GAYUNGAN II SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halama depan.pdf] Text
1. Halama depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (360kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK-min.pdf] Text
2. ABSTRAK-min.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (12kB)
[thumbnail of 3. BAB I-min.pdf] Text
3. BAB I-min.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (20kB)
[thumbnail of 8. Daftar pustaka dan Lampiran.pdf] Text
8. Daftar pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Media The Thing Puzzle, Kemampuan berpikir Kritis.
Berpikir kritis adalah keterampilan dalam menggunakan proses berpikir
dasar untuk memahami dan menganalisis masalah dengan mengajukan
dugaan-dugaan serta mengambil kesimpulan. Kemampuan berpikir kritis ini
dapat dikembangkan melalui pembelajaran, karena dalam pembelajaran
yang tepat siswa dapat dirangsang untuk dapat berpikir sistematis dan
menumbuhkan rasa ingin tahunya (curiousity) terhadap suatu masalah
yang dihadapi. Penggunaan media pembelajaran the thing puzzle diharapkan
dapat mempengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Pengaruh Media The Thing
Puzzle terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Sistem
Pencernaan Hewan Kelas 5 SDN Gayungan II Surabaya. Penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain eksperimen
Quasi Experimental Pretest-Posttest Control Design. Subjek penelitian
siswa kelas 5 yang berjumlah 45 orang terdiri dari kelas 5A dengan jumlah
siswa 23 orang sebagai kelompok eksperimen dan kelas 5B dengan jumlah
siswa 22 orang sebagai kelompok kontrol, teknik sampling menggunakan
purposive sampling.
Perlakuan yang diberikan berupa pembelajaran dengan menggunakan
media the thing puzzle. Instrumen pengukuran data menggunakan tes
berpikir kritis berupa soal-soal materi sistem pencernaan hewan kelas 5.
Analisis data menggunakan uji-t paired sample test. Hasil Penelitian
menunjukkan bahwa ada pengaruh pembelajaran dengan media the thing
puzzle terhadap kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas 5 SDN
Gayungan II Surabaya. Simpulan dan saran dari hasil penelitian ini
memberikan gambaran bahwa penggunaan media the thing puzzle dapat
meningkatkan pemahaman siswa dalam memahami materi yang diajarkan
dan diharapkan berpengaruh pada kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 25 Nov 2022 03:50
Last Modified: 26 Dec 2022 15:49
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1712

Actions (login required)

View Item
View Item