PENGARUH MEDIA KOMIK BUTA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PESERTA DIDIK KELAS IV SDN WONOKUSUMO MOJOSARI

Herman, Nuri Ria Elisiya (2020) PENGARUH MEDIA KOMIK BUTA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PESERTA DIDIK KELAS IV SDN WONOKUSUMO MOJOSARI. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (353kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (87kB)
[thumbnail of 3. BAB I.docx.pdf] Text
3. BAB I.docx.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (115kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci : Komik buta, keterampilan menulis
Menulis merupakan kegiatan yang sangat erat
kaitannya dengan pembelajaran, tidak terkecuali pembelajaran
disekolah dasar. Keterampilan menulis sangat dibutuhkan
dalam kalangan sekolah dasar, menulis dapat membantu
mengaktifkan kreatifitas dan melatih peserta didik dalam
mengumpulkan dan menyajikan informasi, maka dari itu
diperlukan media yang cocok digunakan dalam meningkatkan
keterampilan menulis di tingkat sekolah dasar. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui media komik buta lebih baik
digunakan untuk meningkatkan keterampilan menulis peserta
didik kelas IV SDN Wonokusumo Mojosari. Penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatifdengan desain quasi
eksperimen, teknik sampel (purposive sampling) dengan kelas
IV B sebagai kelas Eksperimen kelas IV A sebagai kelas
kontrol, instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah
lembar tes dan observasi,teknik pengumpulan data denga
metode tes dan dokumentasi, teknik analisis
datamenggunakan uji homogenitas, uji keseimbangan, uji
normalitas, uji hipotesis atau uji-T. Data yang terkumpul,
dianalisis dengan bantuan SPSS 16.Hasil penelitian
menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lebih
baik secara signifikan dibandingkan dengan kelas kontrol.
Maka menulis dialog dengan menggunakan media komik buta
lebih baik dalam meningkatkan keterampilan menulis peserta
didik kelas IV SDN wonokusumo Mojosari pada tema 4
subtema 1 pembelajaran 4 tentang jenis-jenis pekarjaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 25 Nov 2022 04:40
Last Modified: 26 Dec 2022 15:35
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1723

Actions (login required)

View Item
View Item