Saraswati, Kusuma Dewi (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT BERBASIS LITERASI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD HANG TUAH 10 JUANDA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (39kB)
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (681kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (170kB)
8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran_compressed.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Kata Kunci: Model Cooperative Script, Literasi, hasil belajar
Penelitian model cooperative script berbasis literasi
dilaksanakan di SD Hang Tuah 10 Juanda berdasarkan masalah
rendahnya kemampuan peserta didik dalam menemukan dan
mengutarakan ide pokok secara lisan dari bacaan panjang. Tujuan
penelitian mengkaji keterlaksanaan dan pengaruh model cooperative
script. Jenis penelitian kuantitatif dengan populasi peserta didik kelas
V SD Hang Tuah 10 Juanda dan pengambilan sampel menggunakan
teknik simple random sampling yaitu kelas VA dan VC. Teknik
pengumpulan data menggunakan observasi dan pretest posttest.
Hasil uji validasi perangkat dan instrumen mendapatkan nilai
sebagai berikut: lembar validasi RPP 3,25; lembar validasi Observasi
pendidik 3,44; lembar validasi Observasi peserta didik 3,6; dan tes
hasil belajar 3,42, sehingga dinyatakan sangat baik dan layak
digunakan. Nilai rata-rata tes hasil belajar kelas eksperimen sebesar
85 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu sebesar 75,5.
Perhitungan menggunakan software SPSS 22 dengan uji prasyarat
hasil uji normalitas kelas eksperimen sig 0,165>0,05; kelas kontrol
sig 0,247>0,05 sehingga data dikatakan data berdistribusi normal.
Hasil uji homogenitas sig 0,597>0,05 dapat dinyatakan data yang
disajikan bersifat homogen.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) proses pembelajaran
dengan model cooperative script dapat terlaksana dengan baik. (2)
uji t-test diperoleh nilai sig 0,003<0,05 yang berarti H0 ditolak, maka
dapat disimpulkan “terdapat pengaruh” model cooperative script
berbasis literasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Kadek Ayu PERPUS |
Date Deposited: | 25 Nov 2022 04:48 |
Last Modified: | 22 Dec 2022 11:59 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1724 |