PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN KETABANG SURABAYA

Putri, Frenyasta Meivy Susanti (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN KETABANG SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (542kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (56kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (181kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (4MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Berpikir
Kritisl, Hasil Belajar
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pembelajaran
yang dapat mengaktifkan siswa salah satunya melatih siswa untuk
berpikir kritis. Hal itu disebabkan karena pembelajaran saat ini
kurang menerapkan model pembelajaran berbasis berpikir kritis.
Melalui model pembelajaran salah satunya Problem Based Learning
(PBL) berbasis berpikir kritis diharapkan bisa mengaktifkan siswa
sehingga proses pembajaran bisa menjadi menyenangkan dan
bermakna.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa keterlaksanaan
model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis
berpikir kritis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif
dengan desain penelitian Quasi Experimental jenis Posttest Only.
Penelitian ini dilakukan di SDN Ketabang Surabaya. Pengambilan
sampel dalam penelitian ini menggunakan nonprobability sampling
jenis purposive sampling. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan
uji independent samplest-test.
Hasil perhitungan data. uji hipotesis belajar memperoleh sig <
0,05 yaitu Asymp. Sig = 0,000 berarti bahwa H1 : µ1 ≠ µ2 adanya
pengaruhterhadap penerapan modelProblemBased Learning (PBL)
berbasis berpikir kritis pada kelas eksperimen yang telah dilakukan
oleh peneliti. Hal ini mengartikan bahwa terdapat perbedaan hasil
belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 25 Nov 2022 05:07
Last Modified: 22 Dec 2022 11:55
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1727

Actions (login required)

View Item
View Item