Sari, Devi Nurlita (2020) Pengaruh Media Kantong Kuis Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas III SDN Gayungan II Surabaya. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (945kB)
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (154kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (275kB)
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (5MB)
Abstract
Kata Kunci: media kantong kuis, motivasi belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media
kantong kuis terhadap motivasi belajar siswa kelas III SDN
Gayungan II Surabaya. Penelitian ini dilatarbelakangi karena dalam
proses belajar terkadang siswa mengalami kendala dalam proses
belajarnya seperti materi yang kurang menarik dan susah dipahami
oleh siswa. Pembelajaran yang dilakukan cenderung monoton, pada
saat pembelajaran guru hanya menjelaskan materi dan siswa hanya
mendengarkan apa yang dijelaskan oleh guru. Terjadi demikian
karena guru menjelaskan materi tanpa menggunakan bantuan media
atau alat peraga. Disini peneliti melakukan alternatif solusi yaitu
menggunakan media kantong kuis agar dapat menarik perhatian dan
minat siswa dalam belajar.
Penelitian ini menggunakan penelitian Quasi Experimental
dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Variabel
penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu media kantong kuis
sedangkan variabel terikat yaitu motivasi belajar siswa. Penelitian
ini adalah penelitian populatif dengan jumlah populasi sebanyak 50
siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa
observasi dan angket. Teknik analisis data pada penelitian ini
menggunakan Uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh media kantong
kuis terhadap motivasi belajar siswa kelas III SDN Gayungan II
Surabaya. Hal tersebut dibuktikan hasil observasi aktivitas siswa
yang dilakukan oleh dua observer memperoleh rerata 3,75 yang
berarti aktivitas siswa berjalan dengan baik pada kelas eksperimen.
Dan hasil perhitungan Uji-t yang menunjukkan bahwa ada perbedaan
vi
pada posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil
perhitungan Uji-t yaitu H0 ditolak sebab Sig. (2-tailed) (0,000 <
0,05). Jadi pada penelitian ini ada pengaruh media kantong kuis
terhadap motivasi belajar siswa kelas III SDN Gayungan II
Surabaya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Kadek Ayu PERPUS |
Date Deposited: | 25 Nov 2022 05:18 |
Last Modified: | 22 Dec 2022 11:57 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1728 |