PENGARUH METO DE INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR DARI MATERI PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM SISWA KELAS IV SDN WO NO KUSUMO PADA TEMA 3 SUBTEMA 3 PB 1

ISTIQOMAH (2020) PENGARUH METO DE INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR DARI MATERI PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM SISWA KELAS IV SDN WO NO KUSUMO PADA TEMA 3 SUBTEMA 3 PB 1. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.PDF] Text
1. HALAMAN DEPAN.PDF - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (498kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (198kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (207kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci : Metode Inkuiri, Hasil Belajar Siswa.
Pada penelitian ini penulis menemukan masalah yang ada di
dalam suatu kelas yaitu nilai mata pelajaran IPA yang rendah.
Peneliti menerapkan metode inkuiri untuk digunakan dalam
pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya
pengaruh pada penggunaan metode inkuiri terhadap hasil belajar
pada materi pemanfaatan sumber daya alam. Penelitian ini
dilaksanakan di SDN Wonokusumo Mojosari. Metode penelitian
yang digunakan adalah Quasi Experimental Design. Pengambilan
sampel menggunakan teknik Sampel Total. Populasi penelitian ini
siswa kelas IV. Sampel penelitian yang pertama berjumlah 24 siswa
untuk kelas eksperimen. Sampel yang kedua berjumlah 24 siswa
untuk kelas kontrol. Dengan variable bebas yakni metode inkuiri dan
variable terikat yakni hasil belajar siswa. Analisis data proses kedua
kelompok menggunakan Uji-t diperoleh thitung sebesar 20,72 dan ttabel
pada taraf signifikan 5% sebesar 2,012, maka thitung ≥ttabel.
Hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa
adanya pengaruh metode inkuiri terhadap hasil belajar pada materi
pemanfaatan sumber daya alam siswa kelas IV pada tema 3 subtema
3 pb 1.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 25 Nov 2022 05:45
Last Modified: 08 Dec 2022 01:22
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1733

Actions (login required)

View Item
View Item