PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SDN WONOKUSUMO MOJOSARI

SARI, EVI DWI PUSPITA (2020) PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SDN WONOKUSUMO MOJOSARI. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (585kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (67kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (83kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf] Text
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (5MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Metode Mind Mapping, Keterampilan Berpikir Kreatif
Penelitian ini didasarkan kenyataan di lapangan
bahwasannya peserta didik dalam proses belajar di kelas
membutuhkan metode pembelajaran yang mampu menarik perhatian,
antusiasnya mereka. Dengan menggunakan metode Mind Mapping
siswa akan memahami pembelajaran di kelas dengan metode
pembelajaran yang berbeda. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui
(1) adakah pengaruh metode mind Mind Mapping terhadap
keterampilan Berpikir kreatif dalam pembelajaran IPA siswa kelas
IV SDN Wonokusumo Mojosari; (2) Aktivitas siswa dalam
penerapan pembelajaran metode Mind Mapping terhadap
keterampilan berpikir kreatif dalam pembelajaran IPA siswa kelas IV
SDN Wonokusumo Mojosari.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain
penelitian Quasi eksperimental. Jenis rancangan yang digunakan
adalah Posttest Only Control Design.Populasi dalam penelitian yaitu
semua kelas IV SDN Wonokusumo Mojosari. Teknik sampling yang
digunakan Purposive Sampling sehingga sampel penelitian yaitu
kelas IV A sejumlah 24 siswa dan kelas IV C sejumlah 24 Siswa.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan observasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh
metode mind maping terhadap keterampilan Berpikir kreatif dalam
pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Wonokusumo Mojosari. (2)
Aktivitas siswa dengan penerapan pembelajaran metode Mind
Mapping terhadap keterampilan berpikir kreatif dalam pembelajaran
IPA siswa kelas IV SDN Wonokusumo Mojosari dapat dikategorikan
“baik”

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 25 Nov 2022 06:38
Last Modified: 26 Dec 2022 15:47
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1741

Actions (login required)

View Item
View Item