PENANAMAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN MELALUI PROGRAM SEKOLAH ADIWIYATA DI SDN TENGGILIS MEJOYO I SURABAYA

Yudianti, Oktavia Fatma (2020) PENANAMAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN MELALUI PROGRAM SEKOLAH ADIWIYATA DI SDN TENGGILIS MEJOYO I SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (733kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (293kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (321kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (313kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Karakter Peduli Lingkungan Program Adiwiyata
Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya kepedulian
masyarakat terhadap lingkungan. Banyak ditemui masyarakat
membuang sampah di sungai, menggunakan plastik, penebangan
hutan secara liar, dll. Dengan adanya kondisi tersebut, maka tugas
pendidikan membentuk karakter peduli lingkungan sejak usia dini.
Tujuan penelitian ialah (1) Mendeskripsikan karakter peduli
lingkungan program adiwiyata pada peserta didik kelas IV-A di
SDN Tenggilis Mejoyo I Surabaya. (2) Mengidentifikasi faktorfaktor yang mendukung dan menghambat pembentukan karakter
peduli lingkungan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif.
Data yang dicari dalam penelitian ini peserta didik kelas IV-A dan
faktor yang mendukung serta menghambat pembentukan karakter
peduli lingkungan melalui program sekolah adiwiyata. Teknik
pengumpulan data melalui observasi partisipatif, wawancara semi
struktur, dan dokumentasi. Subjek yang diteliti ialah kelas IV-A
sebanyak 29 peserta didik. Analisis data menggunakan reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian terdapat 2 peserta didik kriteria sudah
membudaya, 3 peserta didik kriteria mulai berkembang. Karakter
peduli lingkungan melalui program sekolah adiwiyata peserta didik
kelas IV-A sebesar 89% kategori sudah membudaya. Faktor yang
mendukung yaitu membawa tempat makan, botol minuman tumblr,
jum’at bersih, hidroponik, , 3R, dll. Faktor menghambat kurangnya
kesadaran beberapa peserta didik, kurangnya pembiasaan dirumah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 25 Nov 2022 07:17
Last Modified: 22 Dec 2022 11:40
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1750

Actions (login required)

View Item
View Item