PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MENGINTEGRASIKAN KONSEP HOTS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN KEBOAN ANOM

Putri, Rizkika Madya (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MENGINTEGRASIKAN KONSEP HOTS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN KEBOAN ANOM. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (341kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (37kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (38kB)
[thumbnail of 8. Daftar Isi dan Lampiran.pdf] Text
8. Daftar Isi dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem based Learning, HOTS,
Hasil belajar.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh penerapan kurikulum 2013
menuntut siswa untuk belajar akftif kreatif dan menyenangkan yang
bertujuan untuk membentuk generasi siswa abad 21. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model Problem Based
Learning dengan mengintegrasikan HOTS pada aktivitas siswa serta
mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning
dengan mengintegrasikan HOTS terhadap hasil belajar siswa.
Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif. Jenis
penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Design dengan
desain Nonequivalent posttest-only control design. Sampel penelitian
ini adalah kelas V A (Kelas Eksperimen) dan V B (Kelas Kontrol).
Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan observasi
aktivitas peserta didik dan tes hasil belajar. Data yang telah diperolah
kemudian di analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas,
dan uji t-test dengan berbantuan SPSS 16.0 menggunakan
independent sample t-test pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05).
Hasil penelitian menunjukan bahawa uji homogentias
signifikansinya >0,05 dan uji normalitas >0,05 serta uji t-test tingkat
signifikansinya lebih kecil dari 0,05 yaitu 0.009, sehingga
disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Problem
Based Learning dengan mengintegrasikan konsep HOTS terhadap
hasil belajar siswa kelas V SDN Keboan Anom.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 25 Nov 2022 07:51
Last Modified: 22 Dec 2022 11:41
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1760

Actions (login required)

View Item
View Item