IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS III SDN KEBONDALEM MOJOSARI MOJOKERTO

Rahmawati, Windi Desy (2020) IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS III SDN KEBONDALEM MOJOSARI MOJOKERTO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (729kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (272kB)
[thumbnail of 3. Bab I.pdf] Text
3. Bab I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (293kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf] Text
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (4MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci : Literasi, Karakter Jujur, Disiplin, Rasa Ingin Tahu.
Gerakan Literasi Sekolah (GLS) adalah sebuah program
pemerintah dalam upaya meningkatkan kemampuan literasi siswa
dengan menjadikan sekolah sebagai sebuah organisasi yang berperan
secara partisipatif untuk membentuk generasi yang literat dalam abad
ke-21.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi
Gerakan Literasi Sekolah (GLS) pada siswa kelas III SDN
Kebondalem Mojosari Mojokerto dan untuk mengetahui karakter
integritas siswa meliputi jujur, disiplin, dan rasa ingin tahu yang
diperoleh dari kegiatan literasi. metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data
menggunakan teknik observasi, wawancara, angket, serta
dokumentasi. data di analisis melalui langkah-langkah, reduksi data,
displai data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data
menggunakan triangulasi data dan confirmability (objektivitas).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Gerakan Literasi
Sekolah (GLS) telah di implementasikan di SDN Kebondalem dalam
tahap literasi pembiasaan yaitu 15 menit literasi sebelum
pembelajaran dan kegiatan literasi di luar jam pembelajaran lain.
Karakter jujur, disiplin, dan rasa ingin tahu siswa terbentuk oleh
kegiatan pembiasaan literasi yang dilaksanakan secara konsisten
dengan dukungan media literasi dan peran serta seluruh pihak
sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 28 Nov 2022 07:26
Last Modified: 20 Dec 2022 14:06
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1818

Actions (login required)

View Item
View Item