Anisah, Khoirul (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK SISWA SMP NEGERI 43 SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (451kB)
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (89kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (101kB)
8. Daftar pustaka & Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Anisah, Khoirul. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Problem
Based Learning Pada Mata Pelajaran Matematika Untuk
Siswa SMP Negeri 43 Surabaya. Program Studi Pendidikan
Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing Erlin
Ladyawati, S.Pd.,M.Pd.,
Kata Kunci : Pembelajaran Matematika dan model pembelajaran
Problem Based Learning (PBL)
Matematika memiliki peranan penting dalam segala aspek
kehidupan terutama dalam meningkatkan daya pikir manusia, akan
tetapi masih banyak permasalahan yang sering dihadapi bangsa
indonesia dalam pendidikan adalah lemahnya siswa dalam
memahami konsep untuk memecahkan suatu masalah. Oleh karena
itu diperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan
kemampuan pemecahan masalah yaitu model Problem Based
Learning. Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk
mendeskripskan aktivitas siswa selama pembelajaran penerapan
model Problem Based Learning dan mendeskripsikan hasil belajar
dan respon siswa setelah diterapkan model Problem Based
Learning.
Jenis pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri
43 Surabaya. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas VIII D
yang diambil dengan menggunakan Cluster Random sampling.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi, tes
dan angket.
Hasil penelitian adalah aktivitas siswa kelas VIII D selama
menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Pada
pembelajaran dinyatakan aktif. Hasil belajar siswa kelas VIII D
setelah menerapkan Problem Based Learning pada pembelajaran
matematika dikatakan tuntas secra klasikal. Respon siswa kelas VIII
D setelah menerapakan model pembelajaran Problem Based
Learning pada pembelajaran matematika dinyatakan positif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Guruh Fitriawan PERPUS |
Date Deposited: | 28 Nov 2022 07:37 |
Last Modified: | 28 Nov 2022 07:37 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1821 |