PANGESTI, WIDYA AYU (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS III SDN KEBOAN ANOM SIDOARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (499kB)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (164kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (167kB)
8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Kata Kunci: project based learning, motivasi belajar, siswa kelas III
Penelitian ini telah dilakukan dengan judul “Pengaruh Model
Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar
Siswa” Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengkaji pelaksanaan
model project based learning dan mengkaji adakah pengaruh model
project based learning terhadap motivasi belajar, penelitian ini
menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan bentuk Quasi
Eksperimen Nonequivalen Posttest-Only Control Design,
menggunakan teknik sampel cluster sampling yaitu kelas III-B dan
III-C. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi peserta
didik dan angket. Teknik analisis data menggunakan statistik
inferensial non-parametris dengan berbantuan software SPSS 16.0 .
Hasil uji validasi perangkat lembar validasi RPP diperoleh
rerata 3,76 berkategori sangat baik, lembar validasi observasi peserta
didik diperoleh rerata 3,56 berkategori sangat baik sedangkan
validasi angket motivasi diperoleh rerata 3,55 berkategori sangat
baik sehingga dinyatakan layak dan dapat dilaksanakan pengambilan
data dalam penelitian. Nilai rata-rata angket motivasi belajar kelas
eksperimen sebesar 88,33 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol
yaitu sebesar 64,46. Setelah penelitian, dilakukan uji homogenitas
yang diperoleh nilai sig 0,297>0,05 yang berarti data homogen, uji
normalitas pada kelas kontrol sig 0,04<0,05 dan normalitas kelas
eksperimen sig 0,02<0,05 maka disimpulkan data berdistribusi tidak
normal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) proses
pembelajaran dengan model project based learning dapat terlaksana
dengan sangat baik. (2) Uji t-test diperoleh Sig. (2-tailed) 0,000 <
0,05 dengan demikian ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa
vi
terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning
terhadap motivasi belajar siswa kelas III SDN Keboan Anom
Sidoarjo.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Kadek Ayu PERPUS |
Date Deposited: | 28 Nov 2022 07:41 |
Last Modified: | 20 Dec 2022 14:15 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1822 |