PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SDN KETABANG SURABAYA

ROSIDAH, CHABIBATI (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SDN KETABANG SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (494kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (116kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (296kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf] Text
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata kunci: Learning Cycle 5E, Hasil Belajar.
Pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang maksimal perlu
didukung dengan penggunaan model pembelajaran yang bervariatif.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh penggunaan model pembelajaran learning cycle 5E
terhadap hasil belajar siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah quasi
experimental design dengan menggunakan desain penelitian posttestonly with Nonequivalent Group. Teknik pengumpulan sampel yang
digunakan yaitu cluster sampling. Teknik pengumpulan data yaitu
dengan menggunakan tes hasil belajar (posttest) berbentuk pilihan
ganda berjumlah 10 soal. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan
SPSS 16.0 menggunakan idependent sample t-test pada taraf
signifikansi 5% (α = 0,05).
Hasil penelitian ini telah diperoleh rata-rata dari nilai posttest
kelas eksperimen yaitu 80,85 dan rata-rata nilai posttest kelas kontrol
yaitu 68,91. Nilai signifikansi (Sig.) yang diperoleh daru uji t-test
kurang dari 0,05 yaitu 0,00, sehingga dapat disimpulkan terdapat
pengaruh yang signifikan model pembelajaran learning cycle 5E
terhadap hasil belajar siswa kelas V di SDN Ketabang Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 28 Nov 2022 07:54
Last Modified: 20 Dec 2022 11:37
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1828

Actions (login required)

View Item
View Item