Sari, Yunita (2020) PENGARUH DESAIN PEMBELAJARAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) BERBANTU MEDIA KARTU PECAHAN TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI PECAHAN KELAS V SDN KEBOAN ANOM GEDANGAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA.
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (611kB)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (94kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (164kB)
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (6MB)
Abstract
Kata Kunci : desain pembelajaran Higher Order Thinking Skills
(HOTS), media Kartu Pecahan, hasil belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan desain
pembelajaran Higher Order Thinking Skills (HOTS) berbantu media
Kartu Pecahan terhadap hasil belajar pada materi pecahan kelas V
SDN Keboan Anom Gedangan dan untuk menjelaskan ada atau
tidaknya pengaruh desain pembelajaran Higher Order Thinking
Skills (HOTS) berbantu media Kartu Pecahan terhadap hasil belajar
pada materi pecahan kelas V SDN Keboan Anom Gedangan.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen.
Dengan rancangan penelitian Quasi Eksperimental Design dalam
bentuk Nonequivalent Control Group Design. Dalam rancangan
desain penelitian ini, peneliti menggunakan Posttest-Only Control
Group Design. Sampel penelitian peserta didik kelas V-B dan kelas
V-D yang berjumlah kelas eksperimen 29 siswa dan kelas kontrol 29
siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes.
Teknik analisis data menggunakan presentase dan uji-t.
Hasil penelitian yang diperoleh dari penerapan desain
pembelajaran Higher Order Thinking Skills (HOTS) berbantu media
Kartu Pecahan terhadap observasi aktivitas pendidik pada observer
pertama sebesar 92%, observer kedua sebesar 94%, dan observer
ketiga sebesar 95%. Pada observasi aktivitas peserta didik pada kelas
eksperimen memperoleh hasil sangat baik 37,93%, baik 55,17%, dan
cukup baik 6,89% sedangkan pada kelas kontrol memperoleh hasil
baik 17,24% dan cukup baik 82,75%. Dan hasil penelitian yang
diperoleh dari penerapan desain pembelajaran Higher Order
vi
Thinking Skills (HOTS) berbantu media Kartu Pecahan terhadap
hasil belajar pada materi pecahan kelas V SDN Keboan Anom
Gedangan memperoleh nilai thitung 4,76 dan ttabel 2,8 dengan kriteria
pengujian H0 ditolak jika thitung > ttabel hal ini menunjukkan bahwa
penelitian berlangsung dengan sangat baik sehingga dapat
disimpulkan terdapat pengaruh signifikan desain pembelajaran
Higher Order Thinking Skills (HOTS) berbantu media Kartu Pecahan
terhadap hasil belajar pada materi pecahan kelas V SDN Keboan
Anom Gedangan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Kadek Ayu PERPUS |
Date Deposited: | 29 Nov 2022 02:48 |
Last Modified: | 20 Dec 2022 14:02 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1841 |