KHOLQI, NABILAH HUSNUL (2020) HUBUNGAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH DENGAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SDN SEDATIGEDE II SIDOARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (763kB)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (199kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (83kB)
8. Daftar pustaka dan lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (4MB)
Abstract
Kata Kunci: GLS dan Keterampilan Berpikir Kritis.
Gerakan Literasi Sekolah adalah upaya kegiatan sekolah
melalui membaca, menulis, menyimak, dan berbicara dengan
melibatkan siswa, pendidikan dan tenaga kependidikan, serta orang
tua untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang
warganya literat sepanjang hayat dan memberikan kemampuan
keterampilan berpikir kritis pada siswa.
Tujuan penelitian untuk mengetahui adanya hubungan GLS
dengan keterampilan berpikir kritis siswa kelas V SDN Sedatigede II
Sidoarjo. Jenis penelitian merupakan penelitian kuantitatif noneksperimen/kuantitatif korelasional. Variabel penelitian ini terdapat
dua variabel yaitu variabel bebas Gerakan Literasi Sekolah dan
variabel terikat keterampilan berpikir kritis. Populasi penelitian yaitu
seluruh siswa kelas V. Sampel penelitian peserta didik kelas VB
yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan
observasi pembiasaan GLS dan tes keterampilan berpikir kritis.
Kegiatan yang diteliti adalah pembiasaan GLS. Teknik analisis data
uji hipotesis dilakukan dengan uji normalitas, korelasi product
moment, dan uji regresi.
Hasil penelitian yang diperoleh ialah ada hubungan yang
signifikan antara Gerakan Literasi Sekolah dengan keterampilan
berpikir kritis siswa kelas V SDN Sedatigede II Sidoarjo. Hal ini
dibuktikan dengan analisis korelasi antara pembiasaan GLS dan hasil
tes keterampilan berpikir kritis yang dapat dikategorikan sangat kuat
dan dalam pengujian regresi kedua variabel tersebut memiliki
hubungan yang signifikan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Kadek Ayu PERPUS |
Date Deposited: | 29 Nov 2022 04:20 |
Last Modified: | 20 Dec 2022 13:50 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1879 |