PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI PESERTA DIDIK DALAM MATERI PELESTARIAN SUMBER DAYA ALAM KELAS IV SDN KEBONDALEM MOJOSARI

AFIFAH, LUM’ATUS (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI PESERTA DIDIK DALAM MATERI PELESTARIAN SUMBER DAYA ALAM KELAS IV SDN KEBONDALEM MOJOSARI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (652kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (156kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (161kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: PBL, Keterampilan Berkomunikasi
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model
pembelajaran Problem Based Learning terhadap keterampilan
berkomunikasi peserta didik dalam materi pelestarian sumber daya
alam kelas IV SDN Kebondalem Mojosari.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah
pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap
keterampilan berkomunikasi peserta didik kelas IV SDN
Kebondalem Mojosari, tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui
apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based
Learning terhadap keterampilan berkomunikasi peserta didik dalam
belajar memecahkan masalah. Penelitian ini merupakan penelitian
kuantitatif dengan sumber data yaitu 18 peserta didik kelas IV SDN
Kebondalem Mojosari. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah PreTest dan PostTest sehingga diperoleh data hasil
keterampilan berkomunikasi peserta didik.
Simpulan dari penelitian ini yaitu hasil tes keterampilan
berkomunikasi peserta didik dengan menggunakan model
pembelajaran Problem Based Learning kategori “Sangat
Baik”.Berdasarkan perhitungan tersebut nilai thitung lebih dari ttabel
dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya
ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap
keterampilan berkomunikasi siswa kelas IV SDN Kebondalem
Mojosari tahun pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 29 Nov 2022 05:08
Last Modified: 20 Dec 2022 13:45
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1888

Actions (login required)

View Item
View Item