FADILAH, RIZKA NUR (2022) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO SCRIBE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA MATERI ALAT INDRA MANUSIA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.
1. HALAMAN DEPAN RIZKA NUR FADILAH (188000109).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (637kB)
2. ABSTRAK RIZKA NUR FADILAH (188000109).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (227kB)
3. BAB I RIZKA NUR FADILAH (188000109).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (320kB)
8. DAFTAR PUSTAKA RIZKA NUR FADILAH (188000109).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (419kB)
Abstract
Fadilah, Nur Rizka. 2022.Pengaruh Model Problem Based Learning
Berbantuan Media Video Scribe Terhadap Pemahaman
Konsep IPA Materi Alat Indra Manusia Kelas IV Sekolah
Dasar. Fakultas Pedagogik dan Psikologi. Universitas PGRI
Adi Buana Surabaya. Pembimbing (1) Bapak Danang
Prastyo, S.Pd.,M.Pd. Pembimbing (2) Ibu Susi Hermin
Rusminati, S.Pd.,M.Pd.
Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Pemahaman
Konsep, IPA
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya beberapa kendala
proses pembelajaran IPA antara lain proses pembelajaran IPA
masih menerapkan pembelajaran yang klasikal dengan metode
ceramah, strategi pembelajaran kurang menarik, kurang
dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari, sehingga strategi yang
digunakan masih kurang tepat. Masih rendahnya pemahaman
siswa pada materi IPA dan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran IPA masih rendah. Tujuan penelian ini adalah untuk
mengetahui apakah ada pengaruh Model Problem Based
Learning Berbantuan Media Video Scribe Terhadap Pemahaman
Konsep IPA Materi Alat Indra Manusia Kelas IV SDN
Kebondalem Mojosari.
Jenis penelitian pada penelitian ini menggunakan jenis Quasi
Experiment (Eksperimen Semu). Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas IV SDN Kebondalem Mojosari.
Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas
IV SDN Kebondalem Mojosari yang terdiri dari kelas A kelas
kontrol (tidak diberi perlakuan) dan kelas B kelas eksperimen
(diberi perlakuan dengan model Problem Based Learning).
Berdasarkan hasil uji hipotesis memiliki dasar pengambilan
keputusan, yaitu jika nilai sig. (signifikan) > dari 0,05, maka
dinyatakan Ho diterima dan Ha ditolak, hal ini memiliki artinya
bahwa tidak ada pengaruh apapun dengan model pembelajaran
yang sedang diteliti. Sebaliknya jika nilai sig. (signifikan) <
0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, hal ini memiliki artinya
bahwa adanya pengaruh dalam penerapan model pembelajaran
yang sedang diteliti.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Guruh Fitriawan PERPUS |
Date Deposited: | 29 Nov 2022 07:00 |
Last Modified: | 29 Nov 2022 07:00 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1898 |