Mufadillah, Arum Sari (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBASIS PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK) PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD HANG TUAH 10 JUANDA TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (396kB)
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (10kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (165kB)
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Kata Kunci: Model Pembelajaran Think Pair Share, Penguatan
Pendidikan Karakter.
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan kurikulum 2013 tingkat
sekolah dasar yang mengacu pada pembelajaran abad ke-21, yakni
salah satunya penguatan pendidikan karakter (PPK). Secara umum
terdapat 18 nilai budaya dan karakter bangsa, akan tetapi penulis
hanya memfokuskan lima karakter yang diterapkan pada model
pembelajaran think pair share. Adapun lima karakter tersebut yaitu
religius, integritas, mandiri, nasionalis dan gotong royong. Penelitian
ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan pendidik dan peserta
didik saat menerapkan model pembelajaran think pair share dengan
mengintegritaskan penguatan pendidikan karakter pada peserta didik.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif.
Subjek penelitian adalah pendidik dan peserta didik. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Teknik
analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase. Data yang
diperlukan dalam penelitian ini adalah data hasil observasi pendidik,
observasi peserta didik, dan hasil belajar.
Simpulan dari penelitian adalah (1) Aktivitas pendidik
menunjukkan hasil baik setelah diterapkannya model think pair share.
Hal tersebut dapat dilihat dari hasil observasi yang diperoleh pendidik
yaitu 91. (2) Sedangkan hasil observasi yang diperoleh peserta didik
yaitu 93. (3) Hasil belajar yang diperoleh peserta didik menunjukkan
sangat baik, dengan perolehan persentase 87% dengan jumlah peserta
didik sebanyak 23.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Kadek Ayu PERPUS |
Date Deposited: | 02 Dec 2022 02:19 |
Last Modified: | 20 Dec 2022 12:32 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2103 |