PENGARUH METODE PEMBELAJARAN CURAH PENDAPAT (BRAINSTORMING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI SUMBER DAYA ALAM KELAS IV SDN WONOKUSUMO

Lestari, Shinta Dwi (2020) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN CURAH PENDAPAT (BRAINSTORMING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI SUMBER DAYA ALAM KELAS IV SDN WONOKUSUMO. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan-1.pdf] Text
1. Halaman Depan-1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (858kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (189kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (105kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran-min-dikompresi.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran-min-dikompresi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Metode Curah Pendapat (Brainstorming) , hasil belajar
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih banyak ditemukan siswa
yang memilih untuk pasif dan hanya mendengarkan penjelasan dari guru.
Ketergantungan siswa terhadap guru sebagai sentral di dalam kelas
menyebabkan siswa tidak aktif, sehingga penguasaan materi dan
perkembangannya bertumpu pada guru. Partisipasi siswa dalam proses
belajar mengajar terlihat sangat kurang, aktifitas dikelas cenderung berpusat
pada guru dan beberapa siswa yang aktif mendominasi proses pembelajaran
yang menyebabkan siswa lain yang pasif cenderung tidak memerhatikan dan
berbicara dengan temannya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan aktivitas guru
dan siswa menggunakan metode pembelajaran curah pendapat
(Brainstorming), dan untuk mengetahui adanya pengaruh curah pendapat
(Brainstorming) terhadap hasil belajar. Dalam penelitian ini menggunakan
jenis kuantitatif dengan metode True Experimental Design pada Posttest only
control design.
Hasil validari perangkat RPP 83%, observasi siswa 84%, hasil
validasi observasi guru 88%, hasil validasi tes belajar 87%, keseluruhan hasil
dinyatakan kategori baik dan dapat diterima. Hasil pelaksanaan aktivitas
siswa 86% maka siswa sudah baik dalam kegiatan pembelajaran dan
observasi guru memperoleh 88% maka guru sudah baik dalam proses
kegiatan pembelajaran. Dari analis uji t tingkat signifikasinya lebih kecil dari
0,05 yaitu 0,000, maka h1 tolak sehingga ada pengaruh metode pembelajaran
curah pendapat (Brainstorming) terhadap hasil belajar siswa materi Sumber
Daya Alam siswa kelas IV SDN Wonokusumo. Sehingga dapat disimpulkan
terdapat pengaruh metode Curah Pendapat terhadap hasil belajar dan aktivitas
kegiatan guru dan siswa dalam materi Sumber Daya Alam kelas IV di SDN
Wonokusumo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 02 Dec 2022 03:30
Last Modified: 20 Dec 2022 12:28
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2109

Actions (login required)

View Item
View Item