PENGARUH PENDEKATAN TPACK TERHADAP HASIL BELAJAR SIFAT-SIFAT CAHAYA SISWA KELAS IV SDN MENANGGAL 601 SURABAYA

IRAWAN, AMELIA FEBRIANTI (2022) PENGARUH PENDEKATAN TPACK TERHADAP HASIL BELAJAR SIFAT-SIFAT CAHAYA SISWA KELAS IV SDN MENANGGAL 601 SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (439kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (198kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (98kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka.pdf] Text
8. Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (95kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Irawan, Amelia F. 2022. Pengaruh Pendekatan TPACK Terhadap
Hasil Belajar Sifat-Sifat Cahaya Siswa Kelas IV SDN
Menanggal 601 Surabaya. program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar. Fakultas Pedagogi dan Psikologi.
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing (1)
Dra. Dian Kusmaharti, S.Si., M.Pd. Pembimbing (2)
Wahyu Susiloningsih, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Pendekatan TPACK, Sifat-sifat Cahaya, Hasil belajar
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahanpermasalahan yang ada dalam proses pembelajaran seperti
kurangnya pemahaman siswa terhadap materi sehingga hasil belajar
siswa pada kelas IV SD menjadi rendah. Rendahnya hasil belajar
siswa ini disebabkan oleh kurang tepatnya pemilihan pendekatan,
media dan metode yang digunakan dalam proses pembelajaran.
Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini untuk mengetahui
pengaruh pendekatan TPACK terhadap hasil belajar sifat-sifat
cahaya siswa kelas IV SDN Menanggal 601 Surabaya.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kuantitatif
Eksperimen. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN
Menanggal 601 Surabaya dengan jumlah 44 siswa. metode
pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi dan Tes Hasil Belajar dengan menggunakan alat penilaian berupa lembar Observasi dan lembar soal Tes Hasil Belajar. Menggunakan teknik analisis data statistik inferesial dengan cara metode analisis statistik uji-t. Berdasarkan hasil Paired Samples tes menggunakan aplikasi SPSS Versi 16.0 Hasil uji hipotesis menunjukkan signifikasi 0,004 <0,05 maka ditolak dan diterima yang artinya “Ada Pengaruh Pendekatan TPACK Terhadap Hasil Belajar Sifat-Sifat Cahaya Siswa Kelas IV SDN Menanggal 601 Surabaya”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 02 Dec 2022 08:17
Last Modified: 02 Dec 2022 08:17
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2133

Actions (login required)

View Item
View Item