FAJRIN, SHINTA FAUZIYAH AL (2022) PENGUATAN PERILAKU TOLERANSI DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS IV DI SDN KEBOANANOM SIDOARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (988kB)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (320kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (331kB)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (246kB)
Abstract
Al Fajrin, Shinta Fauziyah. 2022. Penguatan Perilaku Toleransi
dalam Pembelajaran IPS Kelas IV di SDN Keboananom
Sidoarjo. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Fakultas pedagogi dan Psikologi. Universitas PGRI Adi
Buana Surabaya. Pembimbing (1) Ida
Sulistyowati,S.H.,M.Pd (2) Pana Pramulia,S.Pd.,M.Pd
Kata Kunci: Penguatan, Perilaku Toleransi, Pembelajaran IPS
Penelitian ini mengangkat permasalahan mengenai
bagaimana cara guru dalam memberikan penguatan perilaku toleransi
dan faktor apa saja yang mempengaruhi penguatan perilaku toleransi
dalam Pembelajaran IPS kelas IV di SDN Keboananom Sidoarjo.
Keberagaman di Indonesia dan masalah-masalah sosial yang mana
menjadikan latar belakang penelitian ini, adanya hal-hal tersebut akan
menjadi pemikiran subyektif terhadap sudut pandang individu yang
dapat menimbulkan ancaman perpecahan bagi bangsa Indonesia
sendiri, diharapkan dengan adanya pendidikan yang di
implementasikan dalam pembelajaran IPS di SD siswa dapat
mendapatkan penguatan perilaku toleransi sebagai bekal mereka
hidup dalam bermasyarakat yang luas dalam keberagaman.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif
dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan
angket, dengan merujuk pada rumusan masalah yang pertama
mengenai bagaimana penguatan perilaku toleransi itu diberikan dan
untuk mengetahui bagaimana perilaku toleransi antar siswa. Rumusan
masalah yang kedua yaitu “Faktor yang mempengaruhi penguatan
perilaku toleransi dalam pembelajaran IPS pada anak kelas IV di SDN
Keboananom Sidoarjo yang mana menggunakan teknik wawancara,
teknik wawancara ini digunakan peneliti untuk mendapatkan data
mengenai faktor yang mempengaruhi penguatan perilaku toleransi
yang meliputi faktor penghambat dan faktor pendukung.
Hasil penelitian penguatan perilaku toleransi dalam
pembelajaran IPS kelas IV di SDN Keboananom Sidoarjo bahwasanya
guru memberikan penguatan perilaku toleransi dengan cara
memberikan kegiatan dan pembiasaan di dalam pembelajaran maupun
di luar pembelajaran, selain itu guru menemukan faktor yang
mmepengaruhi berupa faktor penghambat kurangnya anak dalam
pembiasaan dan penguatan perilaku toleransi selain itu guru
menemukan faktor pendukung dalam penguatan perilaku toleransi
melalui guru yang selalu memberikan pembiasaan sebagai cerminan perilaku toleransi di dalam setiap pembelajaran. Hasil angket yang mana menunjukkan persentase sangat baik didapat dari siswa mengenai perilaku toleransi antar siswa di kelas, dimana hal ini menunjukkan siswa mampu menjalankan perilaku toleransi dengan
baik sesuai aspek perilaku toleransi antara lain peduli, menghargai,
menghormati dan memberika rasa nyaman antar terman.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Guruh Fitriawan PERPUS |
Date Deposited: | 05 Dec 2022 03:20 |
Last Modified: | 05 Dec 2022 03:20 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2160 |