CAHYANIA, AMILENIA LAILA RAMADANI (2022) PENGARUH MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATERI SUMBER DAYA ALAM DI SDN SEDATIGEDE 2. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.
1. Halaman Awal.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (406kB)
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (15kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (75kB)
8. Daftar Pustaka .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (19kB)
Abstract
Cahyania, Amilenia Laila Ramadani. 2022. Pengaruh Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Materi Sumber Daya Alam di SDN SedatiGede 2. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Pedagogi dan Psikologi. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing (1) Drs. Achmad Fanani, S.T., M.Pd. Pembimbing (2) Dr. Rarasaning Satianingsih, S.E., M.Pd.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Video Animasi, Hasil Belajar
Peneliti bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran interaktif melalui media video animasi terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD pada materi sumber daya alam.
Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas IV SDN SedatiGede 2 yang terdiri dari 2 kelas yaitu dari kelas A dan B. Untuk pengambilan sampel data yang dilakukan dengan memilih satu kelas dari tiga kelas tersebut. Peneliti memilih sampel pada kelas IV B yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu purposive sampling.
Pada penelitian ini menggunakan penelitian kuantiatif dengan metode experimen dengan jenis design penelitian Quasy Experimen dengan menggunakan bentuk design Post-test Only Control Desaign. Penelitian ini telah melakukan kegiatan uji kelayakan kepada validator dan guru kelas.
Untuk pelaksanaannya peneliti menggunakan satu kelas namun kelas tersebut dibagi menjadi 2 sesi yaitu kelas kontrol dan kelas experimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian tersebut menggunakan Tes yang berupa post-test. Teknik analisis datanya peneliti menggunakan analisis deskriptif. Pada analisis deskriptif tersebut terdiri dari Uji Prasyarat dan Uji Hipotesis. Pada Uji Prasyarat tersebut terdiri dari Uji Normalitas dan Uji Homogenitas. Lalu untuk Uji Hipotesis peneliti menggunakan Uji Paired Simples Test dengan menggunakan software IBM SPSS Statistic 24.0 for windows.
Setelah uji prasyarat normalitas dan homogenitas, kedua sampel tersebut dinyatakan berdistribusi normal atau homogen sehingga dapat dilakukan penelitian kedua sampel. Hasil posttest menunjukkan bahwa adanya pengaruh media video animasi terhadap hasil belajar siswa kelas IV materi sumber daya alam di SDN SedatiGede 2.
Perbedaan hasil belajar materi sumber daya alam pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol karena pada kelas eksperimen menggunakan media yang dapat memberikan keuntungan baik bagi siswa untuk menyelesaikan tugas-tugas akademik yang diberikan oleh guru. Media video animasi memberikan keaktifan siswa dan dapat menarik perhatian siswa. Kondisi tersebut bertolak belakang dengan pembelajaran konvensional yang selama ini diterapkan oleh guru di kelas IV SDN SedatiGede 2 dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran.
Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh media video animasi terhadap hasil belajar siswa kelas IV materi sumber daya alam di SDN SedatiGede 2 tahun ajaran 2021-2022. Hal ini ditunjukkan pada hasil nilai posttest ipa materi sumber daya alam.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Ilham Komarudin PERPUS |
Date Deposited: | 05 Dec 2022 02:28 |
Last Modified: | 05 Dec 2022 02:28 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2163 |