PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MICROSOFT TEAMS PADA MATERI PECAHAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN GAYUNGAN 2 SURABAYA

Hadia, Evarista Avelina (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MICROSOFT TEAMS PADA MATERI PECAHAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN GAYUNGAN 2 SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (667kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (149kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (322kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (189kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Hadia, Evarista Avelina. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran
Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Microsoft
Temas Pada Materi Pecahan Terhadap Hasil Belajar Siswa
Kelas IV SDN Gayungan 2 Surabaya. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakuktas Pedagogi Dan
Psikologi. Universitas Adi Buana Surabaya. Dosen
pembimbing (1) Dra. Dian Kusmaharti, S.Si.,M.Pd (2) Arif
Mahya Fanny. S.H.,M.Pd.
Kata kunci : pengaruh, model pembelajaran, microsft teams,materi
pecahan. Hasil belajar.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan
peserta didik dalam memecahkan masalah dalam soal cerita pada
materi pecahan apabila pembelajaran hanya menggunkan model
pembelajaran konvensioanl. Diangkat dari permasalahan adakah
pengaruh model pembelajaran based learning (PBL) berbantuan
microsoft teams pada materi pecahan terhadap hasil belajar iswa
kelas IV SDN Gayungan 2 Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui: perbedaan hasil belajar antar siswa yang mengikuti
model pembelajaran problem based leraning berbantuan microsoft
teams dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran
konvensional.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan
jenis penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan rancangan
pretest-postets control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling . sampel pada penelitian ini berjumlah 68 siswa dengan rincian 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan 34 siswa sebagai kelas kontrol. Metode pengumpilan data menggunakan lembar observasi dan tes. Teknik analsisi data yang digunakan Microsoft excel 2010 yaitu uji validasi, uji normalitas, uji homoenitas dan uji t.
Berdasarkan hasil analisis data menggunkan micerosoft
excel 2010 menunjukkan bahwa, tidak ada perbedaan hasil belajar pada materi pecahan antar siswa yang menggunkan model
pembelajaran PBL berbantaun Microsoft teams dengan siswa yang
menggunakakan model pembelajaran konvensional (0,0929 < 2,74)
dengan taraf signifikasi 0.05 atau 5%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 05 Dec 2022 03:24
Last Modified: 05 Dec 2022 03:24
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2165

Actions (login required)

View Item
View Item