PENGARUH EFIKASI DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA PANTUN PADA SISWA KELAS V SDN GAYUNGAN II SURABAYA

HAMIDAH, WIDYA (2022) PENGARUH EFIKASI DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA PANTUN PADA SISWA KELAS V SDN GAYUNGAN II SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (778kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (202kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (215kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (212kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Hamidah, Widya. 2021. Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Hasil
Belajar Membaca Pantun Pada Siswa Kelas V SDN
Gayungan II Surabaya. Skripsi. Juruan Pendidikan Guru
Sekolah Dasar, Fakultas Pedagogi dan Psikologi.
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing (1)
Danang Prastyo, S.Pd., M.Pd dan Pembimbing (2) Imas
Srinana Wardani, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci : Efikasi Diri, Hasil Belajar
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Efikasi Diri Terhadap
Hasil Belajar Membaca Pantun Pada Siswa Kelas V SDN Gayungan
II Surabaya”. Adapun rumusan masalah penelitian yaitu bagaimana penerapan efikasi diri pada membaca pantun di siswa kelas V SDN Gayungan II Surabaya dan adakah pengaruh efikasi diri terhadap hasil belajar pada membaca pantun di siswa kelas V SDN Gayungan II Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 SDN Gayungan II Surabaya sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 SDN Gayungan II Surabaya yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa hasil observasi aktivitas siswa mencapai 57% yang berada pada klasifikasi baik. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial diperoleh hasil bahwa efikasi diri berpengaruh terhadap hasil belajar membaca pantun dengan koefisien determinan R² sekitar 76,8%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara efikasi dengan hasil belajar membaca pantun siswa kelas V SDN Gayungan II Surabaya. Hal ini ditunjukkan dengan nilai regresinya 0,000<0,05 yang menunjukkan adanya hubungan yang positif dan signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 05 Dec 2022 03:32
Last Modified: 05 Dec 2022 03:32
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2166

Actions (login required)

View Item
View Item