PENGARUH KECERDASAN NUMERIK DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 3 WARU SIDOARJO

Aprillia, Dwi (2019) PENGARUH KECERDASAN NUMERIK DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 3 WARU SIDOARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN AWAL.pdf] Text
1. HALAMAN AWAL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (600kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (89kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (177kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci : Pengaruh, Kecerdasan Numerik, Kebiasaan Belajar,
Hasil Belajar.
Pengaruh kecerdasan numerik dan kebiasaan belajar
terhadap hasil belajar matematika tidak selamanya siswa yang
memiliki kecerdasan numerik dan kebiasaan belajar yang tinggi akan
mendapatkan hasil belajar matematika tinggi pula. Terkadang ada
siswa yang kecerdasannya sedang tetapi memperoleh hasil belajar
yang lebih tinggi karena tingginya kebiasaan belajar siswa.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui
pengaruh kecerdasan numerik terhadap hasil belajar matematika
siswa kelas VIII SMPN 3 Waru Sidoarjo (2) Untuk mengetahui
pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajarsiswa kelas VIII
SMPN 3 Waru Sidoarjo (3) Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan
numerik dan kebiasaan belajarterhadap hasil belajar
matematikasiswa kelas VIII SMPN 3 Waru Sidoarjo.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN
3 Waru Sidoarjo. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 30
siswa kelas VIII yang diambil dengan menggunakan Proporsional
Random Sampling. Analisis data menggunakan analisis regresi linear
sederhana dan ganda. Setelah dilakukan analisis data yang
dikumpulkan diperoleh hasil sebagai berikut : (1) Fhitung = 4,94 > Ftabel
= 4,2 , sehingga ada pengaruh kecerdasan numerik terhadap hasil
belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 3 Waru Sidoarjo. (2)
Fhitung = 4,77> Ftabel = 4,2 , sehingga ada pengaruh kebiasaan belajar
terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 3 Waru
Sidoarjo. (3) Fhitung = -13,72< Ftabel = 3,35 , sehingga tidak ada
pengaruh kecerdasan numerik dan kebiasaan belajar terhadap hasil
belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 3 Waru Sidoarjo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Bambang Hadi PERPUS
Date Deposited: 05 Dec 2022 03:35
Last Modified: 05 Dec 2022 03:35
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2179

Actions (login required)

View Item
View Item