Husna, Millah Nahdah (2022) Pengaruh Media Aplikasi Articulate Storyline 3 Terhadap Hasil Belajar Kognitif Materi Keseimbangan Dan Pelestarian Sumber Daya Alam Siswa Kelas IV. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (406kB)
ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (153kB)
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (119kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (102kB)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi adanya perkembangan teknologi guru dituntut untuk mengoptimalkan pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran sangat diperlukan perencanaan yang matang terhadap apa yang akan dilakukan, salah satunya dengan menciptakan suasana pembelajaran yang menarik dan membuat siswa antusias terhadap apa yang disampaikan. Dengan menggunakan media pembelajaran guru dapat membangun suasana pembelajaran yang menyenangkan. Dalam pemilihan media pembelajaran harus disesuaikan dengan kondisi dan situasi yang sedang dihadapi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen, dengan desain true eksperimental design. Bentuk desain yang digunkana yaitu Posttest-Only Control Group Design. Dalam desain ini terdapat dua kelompok yang masing-masing dipilih secara random (R). Kelompok pertama diberi pelakuan (X) dan kelompok yang lain tidak. Penelitian ini menggunakan subjek berjumlah 48 siswa kelas IV SDN Margorejo 1/403Surabaya. Instrumen penilaian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan tes. Tes yang dilakukan mengenai materi keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dapat dilihat dari rata-rata nilai posttest. Pada kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata 91,4 dan kelas kontrol 80,4. Untuk membuktikan lebih jauh lagi, peneliti melakukan analisis data hipotesis dengan menggunakan uji t-test non parametric dengan menggunakan uji Mann Whitney. Didapatkan hasil 0,001 < 0,05 sehingga dapat disumpulkan H0 ditolak dan H1 diterima maka hasil dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penerapan media pembelajaran interaktif menggunakan aplikasi articulate storyline 3 terhadap hasil belajar kognitif materi keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam pada kelas IV.
Kata Kunci: Teknologi, Media pembelajaran, Articulate Storyline 3
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Endah Yuni PERPUS |
Date Deposited: | 05 Dec 2022 04:40 |
Last Modified: | 05 Dec 2022 04:40 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2187 |