Efektivitas Quiziz Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Materi Pantun SDN Sedati Gede 2 Sidoarjo

Taramayvia, Agfana Faramida Sania (2022) Efektivitas Quiziz Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Materi Pantun SDN Sedati Gede 2 Sidoarjo. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (960kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (191kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (334kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (396kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (3MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) efektivitas penggunaan Quizizz ditinjau dari respon peserta didik; (2) efektivitas penggunaan Quizizz ditinjau melalui hasil belajar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan teknik pengumpulan data kuantitatif Deskriptif. Populasi dalam penelitian ini kelas V SDN Sedati Gede 2 Sidoarjo. Teknik dalam penelitian ini menggunakan Teknik sampling Systematic Random Sampling dan menggunakan jenis Quota sampling. Sampel yang digunakan 35 peserta didik kelas V SDN Sedati Gede 2 Sidoarjo. Metode penelitian ini menggunakan; (1) angket; (2) tes. Analisis data pada penelitian ini menggunakan (1) angket respon terhadap sikap dan minat dalam penggunaan Quizizz pada pembelajaran ketagori sangat baik sebanyak 88% dan kategori baik sebanyak 11%. Dengan keterangan data ini maka seluruh peserta didik memiliki respon terhadap sikap dan minat dalam pengguanaa Quizizz pada kegiatan pembelajaran kategori baik dan sangat baik sebesar 100%. (2) tes yang digunakan berupa soal pilihan ganda dan soal uraian. Dimana jumlah soal pilihan ganda berjumlah 10 butir soal dan soal uraian berjumlah 5 butir soal. Hasil dari penelitian ini adalah (1) angket respon peserta didik penggunaan Quizizz pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi Pantun sudah berjalan dengan efektif dengan jumlah siswa yang masuk dikategori sangat baik 88% dan siswa yang masuk kategori baik 11% (2) hasil belajar yang dilakukan oleh peserta didik menghasilkan presentase ketuntasan sebesar 88% termasuk kriteria sangat tinggi dan presentase ketuntasan 60% termasuk kriteria cukup dan sudah melebihi 75% dari jumlah peserta didik sehingga dinyatakan efektif. Dengan nilai ratarata tes hasil belajar pada pertemuan pertama 80,67 dan tes hasil belajar pada pertemuan kedua 85,95. Nilai minimal 40 dan nilai maksimal 100.
Kata Kunci: Quizizz, Pantun, Hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Endah Yuni PERPUS
Date Deposited: 05 Dec 2022 07:44
Last Modified: 05 Dec 2022 07:44
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2215

Actions (login required)

View Item
View Item