Wilujeng, Muji Valinda Lestari (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI CERITA DI KELAS IV SDN KEBONDALEM-MOJOSARI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (713kB)
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (289kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (214kB)
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (11MB)
Abstract
Wilujeng, Muji Valinda Lestari. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing untuk Mengembangkan Kemampuan Siswa dalam Memahami Cerita di Kelas IV SDN Kebondalem-Mojosari.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Adi Buana
Surabaya.
Pembimbing:
1. Drs. Triman Juniarso, M.Pd.,
2. Drs.Bahauddin Azmy, M.Pd.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Role Playing, Kemampuan Memahami Cerita
Penelitian ini dilatarbelakangi karena kebanyakan guru yang
kurang kreatif dalam menyampaikan materi dalam proses pembelajaran, guru cenderung hanya menggunakan metode ceramah dalam penyampaian materi. Sehingga siswa kurang dapat memahami cerita dan unsur yang terkandung dalam cerita pada saat proses belajar mengajar berlangsung. Salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran.
Model pembelajaran yang digunakan pada penelitian ini yaitu model pembelajaran role playing. Model pembelajaran role playing adalah model yang digunakan untuk memerankan tokoh atau peran dalam suatu cerita. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan model pembelajaran role playing dan mengetahui pengaruh dari model pembelajaran role playing dalam mengembangkan kemampuan memahami cerita pada siswa kelas IV SDN Kebondalem-Mojosari. Penelitian ini
menggunakan metode eksperimen yaitu dengan memberikan perlakuan (treatment) setelah pretest. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi dan tes. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas IV yang terdiri dari 30 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran role playing untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam memahami cerita di kelas IV SDN Kebondalem-Mojosari dikategorikan sangat baik. Dan hasil dari uji hipotesis kemampuan memahami cerita pada pretest dan posttest menunjukkan bahwa > atau Ho ditolak Ha diterima, artinya ada pengaruh model pembelajaran role playing untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam memahami cerita di kelas IV SDN Kebondalem-Mojosari.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Guruh Fitriawan PERPUS |
Date Deposited: | 05 Dec 2022 07:33 |
Last Modified: | 05 Dec 2022 07:33 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2218 |