PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V MATERI PENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA SDN PEPELEGI II WARU

ALIANI, GAZELLA FITRI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V MATERI PENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA SDN PEPELEGI II WARU. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (547kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (16kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (51kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (96kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Aliani, Gazella Fitri. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V Materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya SDN Pepelegi II Waru. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Pedagogi dan Psikologi. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing (1) Drs. Triman Juniarso., M.Pd. (2) Cholifah Tur Rosidah, S.Pd.,M.Pd.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Blended Learning, IPA, Hasil Belajar.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa karena guru kurang melakukan variasi pada saat pembelajaran, khususnya pelajaran IPA. Agar mencapai keberhasilan dalam pembelajaran, dibutuhkan model pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dan mandiri, yaitu menggunakan model pembelajaran Blended Learning. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Blended Learning terhadap hasil belajar IPA kelas V materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya SDN Pepelegi II Waru.
Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif eksperimen dengan menggunakan desain nonequivalent control group design. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas V-A sebagai kelas eksperimen dan V-B sebagai kelas kontrol di SDN Pepelegi II Waru dengan jumlah siswa masing-masing 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes (pretest dan posttest). Data yang telah diperoleh kemudian di analisis menggunakan SPSS 16.0.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, menunjukkan bahwa capaian hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Blended Learning lebih tinggi dibandingkan dengan model konvensional. Untuk pengujian hipotesis menggunakan uji T nilai thitung > ttabel yang menunjukkan 3,778 > 2,001 sehingga H0 ditolak yang berarti terdapat pengaruh model pembelajaran Blended Learning terhadap hasil belajar IPA kelas V materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya SDN Pepelegi II Waru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LT Textbooks
N Fine Arts > NE Print media
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 05 Dec 2022 07:37
Last Modified: 05 Dec 2022 07:37
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2232

Actions (login required)

View Item
View Item