Yuliana, Ifa Ayu (2022) Implementasi Media Pembelajaran Papan Pintar Untuk Mengetahui Nama-Nama Bangun Datar Dan Bangun Ruang Pada Kelas 2. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (185kB)
ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (11kB)
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (61kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (70kB)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Impelementasi Media Pembelajaran Papan Pintar Untuk Mengetahui Nama-nama Bangun Datar Dan Bangun Ruang Pada Kelas 2. Impelementasi ini bukan hanya untuk menarik perhatian agar para peserta didik mampu untuk memperhatikan materi apa yang ada di dalamnya, namun impelemtasi media papan pintar sebagai pembelajaran ini guna untuk meningkatkan daya ingat mereka pada saat pembelajaran matematika dengan materi bangun datar dan bangun ruang. Manfaat penelitian ini berguna untuk peneliti dan guru dikarenakan penggunaan media pembelajaran ini sangatlah berperan penting dalam suatu proses pembelajaran. Pembelajaran cenderung membosankan apabila guru hanya menggunakan buku paket dan mengandalkan papan tulis sebagai alat pembelajaran yang membuat kurang minatnya belajar peserta didik yang semakin tinggi dalam pembelajaran matematika, karna media pembelajar yang digunakan kurang menarik minat belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk membantu menunjang keberhasilan belajar peserta didik pada pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Observasi dan Wawancara. Subjek penelitian ini adalah guru kelas 2 C dan siswa kelas C. Hasil penelitian menunjukkan bahwa suatu proses pembelajaran peserta didik kelas 2 SD yang menggunakan media pembelajaran papan pintar materi bangun ruang dan bangun datar untuk mengenal nama-nama bangun tersebut secara keseluruhan tergolong baik dalam penggunaan media tersebut masuk kedalam kriteria baik jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran papan pintar.
Kata kunci: Media Papan Pintar, Bangun Datar Dan Bangun Ruang
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Endah Yuni PERPUS |
Date Deposited: | 05 Dec 2022 08:05 |
Last Modified: | 05 Dec 2022 08:05 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2239 |