Kemampuan Menulis Puisi Anak Menggunakan Media Gambar Kartun Dalam Pembelajaran Daring Tema 6 Muatan Bahasa Indonesia Kelas IV Di SDN Margorejo 1/403 Surabaya

Rahmah, Masruroh Fauzi (2022) Kemampuan Menulis Puisi Anak Menggunakan Media Gambar Kartun Dalam Pembelajaran Daring Tema 6 Muatan Bahasa Indonesia Kelas IV Di SDN Margorejo 1/403 Surabaya. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (866kB)
[thumbnail of 2.ABSTRAK.pdf] Text
2.ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (12kB)
[thumbnail of 3.BAB 1.pdf] Text
3.BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (36kB)
[thumbnail of 8. DAPUS.pdf] Text
8. DAPUS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (13kB)
[thumbnail of 9. LAMPIRAN.pdf] Text
9. LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (3MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas tentang kemampuan menulis puisi peserta didik. Masalah penelitian ini adalah bagaimana kemampuan menulis anak menggunakan media gambar kartun dalam pembelajaran daring peserta didik kelas IV SDN Margorejo 1/403 Surabaya. Bagaimana kendala-kendala yang ditemukan dalam kemampuan menulis puisi anak menggunakan media gambar kartun dalam pembelajaran daring peserta didik kelas IV SDN Margorejo 1/403 Surabaya. Dan bagaimana mengatasi kendala yang ada di dalam kemampuan menulis puisi anak menggunakan media gambar kartun dalam pembelajaran daring peserta didik kelas IV SDN Margorejo 1/403 Surabaya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah 36 peserta didik kelas IV SDN Margorejo 1/403 Surabaya. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan instrument yang saya gunakan adalah pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif, dikemukakan bahwa 1) Kemampuan puisi anak menggunakan media gambar kartun dalam pembelajaran daring pada peserta didik kelas IV SDN Margorejo 1/403 Surabaya diperoleh hasil yang baik. 2) Kendala menulis puisi dan cara mengatasinya pada peserta didik kelas IV SDN Margorejo 1/403 Surabaya yaitu terutama pada pemilihan kata diksi yang berkaitan dengan gaya bahasa, dan dibatasinya oleh waktu yang diberikan oleh guru vii sehingga peserta didik tidak mampu berfikir dengan tenang. Cara mengatasinya yaitu sering diberikan latihan lebih banyak dan diberikan bimbingan khusus dalam menulis atau diulangi kembali penulisannya dan diberikan arahan dan penjelasan tentang menggunakan kata diksi yang baik, maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa kemampuan menulis puisi peserta didik masih perlu dilatih, sehingga guru harusnya lebih memperhatikan tingkat kesulitan dalam menulis puisi dan cara mengatasi kendala yang dihadapi peserta didik. Jadi peneliti simpulkan bagi peserta didik, dapat membantu peserta didik dalam menulis puisi dengan baik sesuai dengan unsurunsur menulis puisi. Bagi guru sebagai evaluasi atau masukan bagi guru lebih mengembangkan dalam memberikan masukan mengenai menulis puisi sesuai unsur-unsur menulis puisi dengan benar.
Kata Kunci : Kemampuan Menulis Puisi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Endah Yuni PERPUS
Date Deposited: 05 Dec 2022 08:15
Last Modified: 05 Dec 2022 08:15
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2240

Actions (login required)

View Item
View Item